Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

XML

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini kajian pustaka atau studi literatur dan sumber data dalam penelitian ini adalah data sekuder yang didapat dari berbagai sumber yang telah ada. Kemudian dianalisis menggunakan teknik check-list . Pada penelitian ini ada beberapa hal yang ingin dikaji yaitu krakteristik dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sintaks model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh berupa jurnal/skripsi/sumber yang relevan dengan penelitian ini diolah melalui tahap editing, organizing dan penemuan hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengkajian yang telah dilakukan, maka ditemukan bahwa kesepuluh jurnal yang di teliti memiliki krakteristik yang hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada dampak dari krakteristik tersebut. Hasil pengkajian yang telah dilakukan maka model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), pada setiap sumber/ jurnal memiliki sintaks yang jelas dan hamper sama. Sintaks model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), baik diterapkan langsung dalam pembelajaran maupun dipadukan dengan alternative lain sangat baik, karna berdasarkan sumber yang di kaji pada model ini, maka semuanya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga, berdasarkan hasil pengkajian yang peneliti kaji diperoleh bahwa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
OKTAVIANA MENU OLA - Personal Name
Student ID
1801050029
Dosen Pembimbing
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
HERRY FRIDOLIN LALUS - 198812202018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Herry Fridolin Lalus - 198812202018031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 OLA A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA