Dampak Kehadiran Organisasi Pijar San Pedro (Persehatian Pelajar St. Petrus Tukuneno) Terhadap Perilaku Anggotanya (Studi Kasus di Paroki St. Petrus Tukuneno Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Kehadiran Organisasi Pijar San Pedro (Persehatian Pelajar St. Petrus Tukuneno) Terhadap Perilaku Anggotanya (Studi Kasus di Paroki St. Petrus Tukuneno Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur)

XML

Dengan masalah penelitinya di mana peneliti ingin melihat bagaimana Dampak Kehadiran Organisasi Pijar terhadap perilaku anggotanya yang berdampak pada perubahan perilaku anggota organisasi apakah mengalami progress atau malah sebaliknya. Informan dalam penelitian ini, terdiri dari 12 orang yakni 4 orang sebagai informan pendukung dan 8 orang sebagai informan utama. Peneliti, menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menjelaskan fenomena-fenomena yang sesungguhnya di lokasi penelitian tentang Dampak Kehadiran Organisasi Pijar San Pedro (Persehatian Pelajar St. Petrus Tukuneneo) Terhadap Perilaku Anggotanya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara serta data sekunder yang didapat dari dokumentasi dan literature. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampiling dan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah para anggota, pengurus organisasi Pijar yang terlibat aktif dalam kegiatan organisasi dan para orang tua dari anggota organisasi sebagai salah satu orang terdekat yang merasakan perubahan pada perilaku para anggota organisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran Organisasi Pijar San Pedro( Persehatian Pelajar St. Petrus Tukuneno) cenderung berdampak positif terhadap perilaku para anggotanya. Hal ini dikarenakan para anggota organisasi diajarkan dan ditanamkan nilai-nilai Kristiani dan mereka dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan Rohani. Para anggota organisasi juga dibina karakternya agar mampu menjadi pelajar yang yang berkualitas iman sebagai orang Katolik dan dan kualitas ilmu sebagi seorang pelajar. Dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa, setiap organisasi kehadiranya itu berdampak untuk anggotanya. Termasuk organisasi Pijar San Pedro, namun dampak yang diharapkan belum berjalan secara optimal karena, masih ada juga para anggota organisasi yang perilakunya belum sesuai dengan yang diharapakan. Saran dari peneliti dalam penelitian ini adalah para anggota organisasi Pijar harus sadar bahwa dengan bergabung terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang ada maka itu akan membawa hal positif dalam diri mereka.


Detail Information

Item Type
Penulis
Monika Martha Seran - Personal Name
Student ID
1703030063
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs.Herman Y. Utang,L.Ph - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Hildigardis M.I.Nahak S.Sos. M.Si - 19790501200642001 - Penguji 1
Dr. Hotlif A. Nope, S. Sos, MA - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ser D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA