Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Yang Berada Di Rt 12 Dan Rt 19 Kel Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang).

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Yang Berada Di Rt 12 Dan Rt 19 Kel Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang).

XML

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran keluarga dalam menanamkan nilai moral kepada anak usia di RT 12 dan RT 19 di Kelurahan Naikolan Kota Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ialah Teori Peran.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunkan metode study kasus.Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah menggunkan teknik purposive sampling Informan yaitu orang tua yang berjumlah 6 orang. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari lapangan melalui wawancara dengan informan dan data sekunder yang diambil langsung dari kantor lurah Naikolan yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan disajikan dalam bentuk narasi untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian menjukan bahwa peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini pada keluarga di RT 12 dan RT 19 kelurahan Naikolan Kecamatan Maulafa, Kota Kupang adalah kelurga sebagai pendidik,yaitu mengajarkan menghormati orang tua,sopan santun,disiplin dan berperilaku baik. keluarga sebagai panutan,yaitu tidak berbicara kasar di depan anak dan mengajak anak untuk berbuat baik. keluarga sebagai pengawas, memantau anak saat anak bermain bersama teman-teman dan mendampingi anak saat anak bermain, dan keluarga sebagai pemberi motovasi,yaitumemberi pujian, nasehat bahkan semnagat kepada anak. Maka ada dua saran penulis berikan yaitu keluarga di harapkan mampu mendidik anak terutama dalam menanamkan nilai moralnya, hendaknya keluarga menerapkan perilaku yang efektif bagi anak, berikan pengasuhan yang membuat anak mendapatkan haknya, baik dalam bentuk kasih sayang, pemenuhan kebutuhan jasmani maupun rohani. Dan yang terpenting memberikan nilai-nilai moral dengan baik karena pendidikan morallah yang akan menentukan perilaku atau perbuatan dalam sosial masyarakat. Di sarankan untuk keluarga di RT 12 dan RT 19 Kelurahan Naikolan dalam Menanamkan Nilai Moral anak, harus memiliki rasa sabar lagi dalam mendidik anak.ajarkan anak menjadi pribadi yang baik agar kelak dapat menyusaikan dirinya dengan masyarakat memberikan contoh-contoh penting mendidik anak dalam hal pergaulan untuk itu bagi keluarga memberikan contoh yang baik kepada anak agar apa yang di lakukan dapat ditiru oleh mereka.
Kata Kunci: Peran Keluarga,Nilai-Nilai Moral, Anak Usia Dini


Detail Information

Item Type
Penulis
Astri Ajis - Personal Name
Student ID
1703030083
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Aji P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA