Responsivitas Pemerintah Desa Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Fulur Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu)

Detail Cantuman

Skripsi

Responsivitas Pemerintah Desa Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Fulur Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan Menjelaskan Responsivitas dari Pemerintah Desa Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Dana Desa di Desa Fulur Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu. Jenis penelitian dalam peneltian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Pendekatan Kalitatif. Informan berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data dengan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam Pengukuran Responsivitas Pemerintah Desa Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Fulur Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu) adalah Indikator Responsivitas dari Teori Agus Dwiyanto. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Responsivitas Pemerintah Desa Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Fulur Kecaatan Lamaken Kabupaten Belu) terdapat indikator yang sudah efektif dan ada juga yang belum efektif. Adapun pelaksanaan yang sudah efektif yaitu pada indikator tuntutan-tuntutan yang disampaikan oleh masyarakat melalui Musrenbangdes dan kepada Keala Desa, serta kecermatan dan ketepatan pemeritah desa dalam merespon keluhan dari masyarakat tersebut, serta indikator kesopanan dan komunikasi pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelaksanaan yang belum efektif pada indikator pengguaan tuntutan sebagai referensi perbaikan pelayanan yang dilihat dari pengujian data RKPDes dan APBDes belum signifikan dan indikator Kecepatan dalam merespon keluhan dari masyarakat masih lambat dan belum signifikan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu bagi Pemerintah Desa harus terus meningkatkan responsivitasnya terhadap tuntutan masyarakat serta selalu memantau setiap realiasai dari kegiatan yang dijalankan oleh panitia pelaksana kegiatan, serta bagi masyarakat harus lebih menyadari kebutuhannya dengan memperhatikan jenis respon yang diberikan oleh Pemerintah Desa.

Kata Kunci : Responsivitas, Pemerintah Desa, Pengelolaan Dana Desa


Detail Information

Item Type
Penulis
AGUSTA CLARITA DA COSTA - Personal Name
Student ID
1803010192
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
RIKHARDUS SERAN KLAU - 196504261990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Rikhardus Seran Klau - 196504261990031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 COS R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA