Skripsi
Transparansi Dalam Pelayanan Administrasi Di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis transparansi dalam pelayanan administrasi di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Dengan menggunakan indikator-indikator transparansi yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto (2008). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan publik dan kemudahan dalam mengakses peraturan dan prosedur pelayanan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam dengan Kepala Desa Noelbaki, Sekretaris Desa Noelbaki, Kaur Pemerintah Desa Noelbaki dan beberapa masyarakat Desa Noelbaki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi dalam pelayanan administrasi di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang masih belum bersifat transparan dan berjalan cukup baik keterbukaan yang dimaksud disini menyangkut dengan prosedur persyaratan atau mekanisme pelayanan yang diperoleh masyarakat dimana ada masyarakat yang kurang memahami prosedur serta persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus surat keterangan ijin usaha dan surat keterangan jual beli tanah dan jenis pelayanan lainnya dikarenakan belum adanya inisiatif dari aparat desa untuk membuat bagan alir yang menyangkut dengan segala prosedur dan persyaratan dalam pelayanan yang harus ditempelkan diruangan pelayanan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi pelayanan. Dan indikator kedua, yaitu kemudahan dalam mengakses peraturan dan prosedur pelayanan, Pada indikator ini ditemukan bahwa pelayanan surat keterangan ijin usaha, dan surat keterangan jual beli tanah (SKT) di desa Noelbaki, diberikan secara adil sesuai dengan prosedur atau ketentuan tanpa memandang suku, ras, agama sesuai dengan prosedur peraturan yang berlaku siapa yang terlebih dahulu datang mengurus surat dilayani duluan dan sebaliknya, pegawai desa juga sudah disiplin waktu datang tepat waktu dan pulang tepat waktu, namun masih ada indikator yang belum berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat yaitu ketidakramahan pegawai desa dalam memberikan pelayanan sehingga membuat masyarakat tidak nyaman dalam mengurus segala keperluan, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai membuat pelayanan yang diberikan mengalami kelambatan.
Kata Kunci : Transparansi dan Pelayanan Administrasi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ANCELINA NOVITA BEREK - Personal Name
|
Student ID |
1803010116
|
Dosen Pembimbing |
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1 Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 BER T
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |