Partisipasi Ibu Balita Dalam Kegiatan Pelayanan Posyandu (Studi Kasus Di Desa Temas Kecamatan Rote Barat Laut Kabupaten Rote Ndao)

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Ibu Balita Dalam Kegiatan Pelayanan Posyandu (Studi Kasus Di Desa Temas Kecamatan Rote Barat Laut Kabupaten Rote Ndao)

XML

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis partisipasi ibu balita dalam kegiatan pelayan posyandu desa temas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi menurut (alastratre white), terkait bentuk kegiatan yang dilakukan posyandu sehingga peneliti dapat melihat sejauh mana keterlibatan dari ibu balita dalam mengikuti posyandu. Desa temas berlokasi di kecamatan rote barat laut, kabupaten rote ndao. Metode yang di gunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk melihat lebih dalam mengenai keterlibatan ibu dan balita dalam mengikuti posyandu di desa temas. Subjek penelitiannya adalah berjumlah 8 informan di antaranya 4 orang ibu balita, 2 kader laki – laki, 1 bidan desa dan 1 perawat. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa tingkat partisipasi ibu balita dalam mengikuti posyandu mulai meningkat hal ini di liat dari keikutsertaan ibu balita dalam menimbang anaknya, mengikuti sosialisasi kesehatan ibu dan anak, dan turut terlibat dalam penerimaan makanan bergizi. Hal ini terjadi karena ibu balita kawatir anak tumbuh kembang anak serta turut mencegah gizi buruk dan stanting bagi balita sehingga partisipsi ibu balita menjadi meningkat setiap tahun.kesimpulannyapartisipasi ibu balita di desa temas dapat dikatakan mulai mengalami peningkatan yang singnifikan selama 2 tahun terakir. Hal ini dilihat dari tingkat partisipasi dalam mengikuti penimbangan balita, sosialisasi kesehatan ibu dan anak dan pemberian makanan bergizi.tingkat keberhasilan posyandu di desa temas dapat dikatakan baik terbukti kegiatan posyandu sudah rutin dilaksanakan setiap bulan, kegiatan 5 meja terlaksana dengan berkesinambungan. Kinerja kader, bidan dan perawat yang bertugas di posyandu dapat bekerjasama dengan baik. Maka saran yang dapat diberikan sebagai berikut: yang pertama bagi ibu balita: tingkat partisipasi atau kehadiran dalam kegiatan posyandu diharapkan harus lebih ditingkatkan lagi agar balita bisa terhindar dari masalah yang barkaitan dengan kesehatan. Dan yang ke dua bagi kader, bidan dan perawat: diharapkan bisa lebih memperhatikan kebutuhan gizi balita sehingga bisa terhindar dari stunting dan gizi buruk.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yoga Adi Valen Mbooh - Personal Name
Student ID
1703030209
Dosen Pembimbing
Penguji
Hildigardis M. I. Nahak, S.sos, M.Si - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Susana C.L. Pellu, S.Sos, M.Si - 197110222005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mbo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA