Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V SD GMIT Naioni Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V SD GMIT Naioni Kota Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD GMIT Naioni Kota Kupang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan melalui model problem based learning di kelas V SD GMIT Naoini Kota kupang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. subyek penelitian (PTK) ini difokuskan pada siswa kelas V SD GMIT Naoini Kota Kupang yang terdiri dari 17 siswa yaitu terdiri dari 5 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data hasil observasi dan penelitian hasil tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil observasi siswa mengalami peningkatan di mana pada siklus I aktivitas siswa diperoleh skor 46 sehingga nilai yang diperoleh siswa 76,66. Hasil observasi siswa pada siklus ini sudah memperoleh hasil baik, sedangkan pada siklus II aktivitas guru diperoleh skor 57,5 sehingga nilai yang diperoleh guru 95,83. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan hasil observasi siswa mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 66,58 dengan presentase ketuntasan 58,82% serta pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelasnya dengan perolehan nilai sebesar 75,70 dan presentase ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran Tentang Pengaruh Kalor terhadap kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkam hasil belajar siswa Di Kelas 5 SD GMIT Naioni Kota Kupang

Kata kunci : Problem Based Learning, Pengaruh kalor terhadap kehidupan, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Semuel Armin Banu - Personal Name
Student ID
1701140145
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA