Pengraruh Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Kupang Timur Selama Pandemi Covid-19

Detail Cantuman

Skripsi

Pengraruh Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Kupang Timur Selama Pandemi Covid-19

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Kupang Timur. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif jenis yaitu jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang dinyatakan dalam bentuk angka, sumber data yang digunakana adalah data primer dengan menggunakan daftar pertanyaan (koesioner) dan Nilai Tes Siswa dengan tingkat signifikan 5%, terdapat 102 sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linear sederhana. Dengan memenuhi uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Uji kualitas data terdiri dari uji validitas, uji realiabilitas, uji validitas soal tes, uji realiabilitas soal tes, uji daya pembeda soal tes dan uji tingkat kesukaran soal tes. Sedangkan Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedatisitas. Uji hipotesis terdiri dari uji koofisien determinasi, uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t). Alat analisis penelitian ini menggunakan aplikasi komputer SPSS 16.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Metode blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan uji asumsi klasik data residual berdistribusi normal, tidak terjadi gajala linearitas dan heterokedasitas, nilai t hitung > t tabel (6,168>0,1946) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh metode blended learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 27% dan sisanya sebesar 73% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalm penelitian ini. Dengan demikian metode blended learning merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Metode Blended Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
KLISEFREJ NAMA - Personal Name
Student ID
1701080117
Dosen Pembimbing
ASNAT C. BANI BILI - 188408142019032008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Abolla Daka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 NAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA