Strategi Politik Pada Pilkada Tahun 2020 (Studi tentang Kemenangan Pasangan Calon Simon NahakLouise Lucky Taolin di Kabupaten Malaka)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Politik Pada Pilkada Tahun 2020 (Studi tentang Kemenangan Pasangan Calon Simon NahakLouise Lucky Taolin di Kabupaten Malaka)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi politik dari pasangan calon Simon Nahak-Louise Lucky Taolin dalam memenangkan Pilkada di Kabupaten Malaka tahun 2020 dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemenangan pasangan calon Simon Nahak-Louise Lucky Taolin dalam Pilkada Kabupaten Malaka tahun 2020. Peneliti ini menggunakan teori strategi politik Peter Schruder yakni Strategi Ofensif dan Defensif. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara informan dari penelitian ini terdiri dari dua orang pasangan calon, satu orang dari tim pemenang, dua orang dari partai pengusung, satu orang dari tokoh adat, dua orang dari masyarakat sebagai pemilih, satu orang dari tokoh pemuda. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi pemenangan pasangan Simon Nahak dan Louise Lucky Taolin pada pilkada 2020 yang digunakan adalah strategi ofensif dan defensif. Dimana strategi ofensif digunakan sebagai strategi perluasan pasar untuk membentuk kelompok pemilih baru dengan menyerang basis politik dan basis masa lawan. Dimana perolehan suara sah dari pasangan Simon Nahak dan Louise Lucky Taolin 50.890 suara atau 50,49 persen. Strategi ofensif yang digunakan untuk perluasan pasar tersebut dengan membentuk tim relawan yaitu dengan mengambil sikap untuk melawan petahana, tim partai pengusung melalui promosi figur, melakukan konsolidari masyarakat sampai tingkatan paling bawah, serta tim-tim yang lain seperti bro dan sis.Saran dari peneliti Kepada pasangan calon agar lebih memaksimalkan dan memberikan pemahaman bagi tim dan relawan bahwa masyarakat saat ini perlu dilakukan pendekatan secara langsung, oleh karena itu terus malakukan pendekatan secara langsung agar dapat melihat langsung keadaan sosial masyarakat, sehingga dapat memberikan solusi untuk mewujudkan kesejateraan pada masyarakat.Selain itu sebagai kabupaten baru makapemerintah perlu adanya peningkatan perubahan, melalui pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kecil dan menengah, serta mengurangi tingkat penganguran melalui rekrutmen tenaga daerah.Kepada masyarakat harus lebih berhati-hati dalam merespon dan memilih pemimpin, karena tidak semua calon bisa menempati segala janji ketika kampanye, masyarakat harus lebih bijaksana dalam memilih pemimpin.

Kata kunci: Strategi, Kemenangan, Pemilukada Kabupaten Malakaxv


Detail Information

Item Type
Penulis
Eduardus Yohanes Nahak - Personal Name
Student ID
1703040071
Dosen Pembimbing
MARKUS TAE - 197004152000031003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Markus Tae - 197004152000031003 - Ketua Penguji
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
ilmu politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Edu S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA