Penilaian Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Soe)

Detail Cantuman

Skripsi

Penilaian Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Soe)

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana cara guru melakukanpenilaian sikap sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila danKewarhanegaraan (selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 diSMA Negeri 1 Soe), 2). Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalammelakukan penilaian sikap sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasiladan Kewarhanegaraan (selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid19 di SMA Negeri 1 Soe), dan 3). Bagaimana upaya guru dalam mengatasikendala-kendala tersebutdalam guru melakukan penilaian sikap sosial siswa padamata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarhanegaraan (selama pembelajarandaring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Soe).Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif denganpendekatan purposive sampling.Penelitian ini menggunakan teknik wawancara,dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah, guru mata pelajaran PPKndan operator sekolah SMA Negeri 1 Soe.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1).Penilaian sikap sosial siswa selamapembelajaran daring menggunakan media aplikasi Whatsapp Group dan Zoomdan penilaian dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung,teknik dan intrumenyang digunakan ialah observasi dengan menggunakan lembar observasi tertutup,2).Dalam pelaksanaan penilaian banyak kendala yang muncul seperti dari segikuota internet, jaringan, minat belajar dari peserta didik dan keterbatasan waktubagi guru untuk melakukan penilaian. 3).Berbagai upaya dilakukan guru danpihak sekolah untuk mengantisipasi kendala-kendala tersebut seperti bekerja samadengan orang tua dalam memantau anak belajar dari rumah, dari sekolahmemberikan bantuan berupa kuota internet dan media ketika berlangsungnya ujiansemester, tetapi tak bisa disangkali bahwa tidak semua kendala-kendala yangmuncul dapat diatasi sehingga proses penilaian sikap sosial siswa salamapembelajaran daring tidak begitu efektif.
Kata Kunci : Penilaian-Sikap-Sosial, Matpel-PPKn, Pembelajaran-Daring, Pandemi-Covid 19


Detail Information

Item Type
Penulis
MILIANDRA INTAN ATI - Personal Name
Student ID
1801070034
Dosen Pembimbing
Hendrikus Pous - 19600809198601002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Hendrikus Pous - 19600809198601002 - Penguji 1
Anif Istianah - 198812112019032013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ATI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA