Pembinaan Karakter Tanggung Jawab Oleh Guru Ppkn Dalam Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Pembinaan Karakter Tanggung Jawab Oleh Guru Ppkn Dalam Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao

XML

Tujuan dalam penelitian adalah (1) Mendeskripsikan bentuk pembinaan karakter Tanggung jawab oleh guru PPKn dalam mata pelajaran PPKn di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao. (2) Mendeskripsikan kualitas pembinaan karakter tanggung jawab oleh guru PPKn dalam mata pelajaran PPKn Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan guru PPKn dan siswa-siswi kelas XI IPS I. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan karakter tanggung jawab oleh guru PPKn dalam mata pelajaran PPKn di kelas XI IPS I SMA Negeri 1 Rote Selatan adalah (1) Guru Memberikan Keteladanan, melalui sikap, perbuatan atau tingkah laku patut ditiru oleh siswa yang dilakukan oleh seorang guru di dalam tugasnya sebagai pendidik, baik tutur kata maupun perbuatan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa baik disekolah maupun di lingkungan masyarakat. (2) guru mengajarkan disiplin dan sopan santun, Hal ini bertujuan agar siswa terbiasa tertib disiplin waktu serta mendengarkan orang lain yang lagi berbicara, sehingga nilai kesopanan dan kedisiplinan dapat terbentuk. (3) Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang dilakukan secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Adapun kendala-kendala pembinaan karakter tanggung jawab oleh guru PPKn mata pelajaran PPKn siswa-siswi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Rote Selatan. (1) Rendahnya kesadaran dalam diri siswa-siswi yang menjadi faktor penghambat utama dalam pembentukan karakter siswa-siswi. (2) Dimana siswa-siswi tidak memiliki rasa percaya diri dalam berdiskusi dan kesulitan dalam menyampaikan materi dengan teman sekelompoknya (3) Siswa yang memiliki kemampuan berpikir dan berpendapat rendah akan mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi apabila ditunjuk sebagai ketua kelompok atau juru bicara.
Kata Kunci : pembinaan, Karakter Tanggung Jawab


Detail Information

Item Type
Penulis
DEBI NURYANTI ANABOKAY - Personal Name
Student ID
1501070057
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Ana P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA