Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Make-A Match Dalam Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas Vii-A Smp Negeri 8 Kupang
XMLFokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran make-a match dalam pembelajaran teks cerita fantasi pada siswa SMP Negeri 8 Kupang? Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah make-a match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make-a match dalam pembelajaran teks cerita fantasi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 8 Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme kognitif oleh Jean Piaget. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian terhadap siswa diperoleh hasil bahwa jumlah pasangan yang berhasil mencocokan kartun sebanyak 9 pasangan dan yang tidak berhasil menemukan pasangan kartunya sebanyak 4 pasangan. Dari model tersebut siswa diminta menentukan empat aspek yaitu judul, struktur, kaidah kebahasaan dan unsur-unsur teks cerita fantasi oleh karena itu dari 25 siswa yang diteliti terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase 80%, sedangkan yang tidak tuntas terdapat 5 siswa dengan persentase 20%. Hal ini menunjukan bahwa taraf kemampuan siswa kelas VII-A SMP Negeri 8 Kupang dalam pembelajaran teks cerita fantasi sudah mencapai rata-rata (KKM) 70.
Kata kunci : Model, pembelajaran, make-a match, teks, cerita fantasi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARGARETH STEVANI LENGARI - Personal Name
|
Student ID |
1801010131
|
Dosen Pembimbing |
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji |
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1 Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN SASTRA DAN BAHASA INDONESIA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 LEN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |