Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur
XMLKreatifitas guru dalam mengajar sangatlah kurang sehingga siswa merasa jenuh dan kurang berpartisipasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung, kurangnya inovasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dalam merancang strategi pembelajaran di kelas juga menyebabkan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak efektif karena nilai mata pelajaran sejarah yang di peroleh siswa rata-rata yaitu 60 sementara KKM pada mata pelajaran sejarah adalah 75. Oleh karena itu, pentingnya penerapan strategi pembelajaran agar dapat meningkatkan kreatifitas dan minat belajar siswa dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis terhadap setiap pemecahan masalah dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tentang materi kolonialisme dan imperealisme untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswi perempuan berjumlah 7 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat KKM 75 dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Sebelum diadakan penelitian yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 15 orang (62,5%) tuntas dan 9 orang (37,5%) tidak tuntas. Setelah dilakukan hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 18 orang (75%) tuntas dan 6 orang (25%) tidak tuntas. Siklus II sebanyak 22 orang (91,7%) tuntas dan 2 orang (8,3%) tidak tuntas. Sedangkan hasil observasi menunjukan bahwa pada siklus I nilai observasi siswa mencapai 60% dan nilai observasi guru mencapai 72.72%. Siklus II nilai observasi siswa mencapai 90% dan nilai observasi guru mencapai 92.72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Model Student Facilitator And Explaining
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Joka Merlin Tuflasa - Personal Name
|
Student ID |
1601090141
|
Dosen Pembimbing |
H. Djakariah - 19966120519911031002 - Dosen Pembimbing 1
Susilo S. Utomo - 19890624201404 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
H. Djakariah - 1966120519911031002 - Ketua Penguji
Dr. H. Djakariah, M.Pd - 196612051991031002 - Penguji 1 Susilo S. Utomo - 1989062420140441001 - Penguji 1 Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2 Susilo S. Utomo, S.Pd, M.Pd - 198906242014041001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Asa P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |