PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VII A SMP NEGERI 3 KOTA KUPANG PADA MASA COVID-19

Detail Cantuman

Skripsi

PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VII A SMP NEGERI 3 KOTA KUPANG PADA MASA COVID-19

XML

Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di kelas VII A SMP Negeri 3 Kota Kupang pada masa covid-19 (2) Apa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di kelas VII A Smp Negeri 3 Kota Kuapng pada masa covid-19 (3) Bagaimana solusi dari kendala dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di kelas VII A Smp Negeri 3 Kota Kupang pada masa covid-19 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan baik primer maupun skunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas VII A
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah Bethan ( 48 ) kita tahu bahwa virus yang melanda dunia yaitu virus covid-19. Adanya virus ini memberi dampak hampir pada semua bidang, tidak terkecuali pada bidang pendidikan untuk menyikapi wabah tersebut bagi pendidikan, pemerintah menetapkan peraturan bahwa siswa dan guru tidak dianjurkan belajar secara tatap muka dan dimulai diganti dengan pembelajaran secara daring maka gurur diharapkan mampu untuk menyikapi hal tersebut. (2) Berdasarkan hasil wawancara antara peneliti dengan siswa kelas VII A atas pertanyaan bagaimana tanggapan siswa mengenai Proses pembelajaran daring, Siswa kelas VII A mengatakan bahwa selama proses pembelajaran daring yang kami ikuti kurang efektif, karena kendala jaringan internet yang kadang kurang stabil, dan harus selalu memiliki kouta internet (3) berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran PPKn Menurut Lusi (53) mengatakan bahwa solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu sebagai berikut: Bagi siswa yang mengalami kendala jaringan maka guru menyiapkan tugas untuk dikerjakan yang nantinya akan dikumpulkan disekolahBagi siswa yang tidak memiliki kouta internet guru melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar
sistem pembelajaran daring dinilai sebagai solusi yang tepat, meski disinyalir menjadi keluhan bagi masyarakat dengan ekonomi ke bawah, serta yang tinggal dipelosok, begitu juga di SMP Negeri 3 Kota Kupang dimana dalam proses pembelajaran daring di sekolah tersebut terbilang kurang efektiv karena, membutuhkan sarana prasarana yang memadai seperti handphone android, kouta internet, dan jaringan internet yang stabil. Untuk Mengatasi kendala dalam proses pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Kota Kupang bagi siswa yang tidak memiliki handphone android sekolah menyediakan tugas dan materi yang disiapkan pada saat jadwal kegiatan belajar daring berlangsung yang nanti akan dikumpulkan di sekolah.

Kata Kunci : proses pembelajaran daring, dan pembelajaran PPKn


Detail Information

Item Type
Penulis
Nofrianus Marno Talaen - Personal Name
Student ID
1701070071
Dosen Pembimbing
Anif Istianah - 198812112019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Anif Istianah - 198812112019032013 - Penguji 1
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 TAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA