Bentuk Rumah Adat Suku Taramanu Ditinjau Dari Aspek Kosmologi Kampung Wee Leo Desa Mareda Kalada ,Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya

Detail Cantuman

Skripsi

Bentuk Rumah Adat Suku Taramanu Ditinjau Dari Aspek Kosmologi Kampung Wee Leo Desa Mareda Kalada ,Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya

XML

Bentuk arsitektur Nusantara sangat beragam dan merupakan salah satu identitas daerah yang paling tinggi. Bentuk pola dan konsep juga mengambarkan pengaruh pemahaman masyarakat local akan kehidupan dan system kepercayaan yang dianut. Tiap daerah memiliki kebudayaan dan kepercayaan yang berbeda-beda sehingga makna dan arsitektur pada suatu daerah menjadi unik dan khusus. Keunikan lain yang bisa ditemukan pada rumah adat adalah pembangunannya harus melalui beberapa tahap dan proses adat istiadat.
Penelitian ini menggunakan Metode Dekriptif Kualititatif analisis pengumpulan data secara banyak dari fenomena yang ada unutuk dijadikan bahan analisa.Sumber data diperoleh langsung dari informan melalui hasil wawancara.Teknik yang digunakan oleh peneliti adalah obesrvasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Rumah Adat Tara Manu mengambarkan tubuh Manusia yang dibagi atas tiga bagian penting yaitu; kepala,badan dan kaki sementara jantung rumah tepat berada ditengah atau perapian. Sementara dari ketiga bagian ini dihubungkan oleh keempat tiang (Pari,i Umma) yang ditanam di tengah rumah. Keempat tiang ini juga diberi nama masing-masing Oleh Rato yang mendiami Rumah Adat Tara Manu. Proses pembangunan rumah adat tara manu melalui beberapa tahap yaitu: Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan Dan Hasil,Dan Terdapat Beberapa Wujud Nilai Didalamny: Nilai Estetika, Nilai Religius, Nilai Kebersamaan, Nilai Demokrasi Dan Nilai Keadilan yang bersifat umum untuk seluruh masyarakat Suku Tara Manu.
Kata Kunci: Bentuk Menggambarkan Tubuh Manusia, Tahapan Pembangunan, Wujud Nilai Sosial


Detail Information

Item Type
Penulis
Seprianus Pote - Personal Name
Student ID
1701070089
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Anif Istianah - 198812112019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 POT B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA