Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
XMLABSTRAK
Pengembangan bahan ajar fisika berbasis student fasilitator and explaining pada materi fluida statis, mengunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan pengembangan yaitu analysis, desing, development, implementation, evaluasi. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar dalam bentuk modul yang layak digunkan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait materi fluida statis. Bahan ajar di validasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Kelayakan bahan ajar di nilai oleh satu orang guru fisika dan 21 orang pesrta didik. Berdasarkan hasil kevalidan bahan ajar yang dikembangkan peresentase yang diperoleh dari validator ahli materi iala 92,3% termasuk dalam kategori sangat valid, hasil validasi dari validator ahli media iala 84,7% dapat dinyatakan dalam kategori valid. Hasil uji kelayakan persentase yang di peroleh dari penilain guru fisika adalah 81,6% termasuk dalam kategori layak dan rata-rata penilain dari peserta didik diperoleh peresentse 93,85% termasuk sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan penilaian dari guru serta peserta didik bahan ajar dengan materi Fluida Statis yang di kembangkan mengunakan model ADDIE dinyatakan layak untuk di gunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Bahan Ajar, Student Fasilitator And Explaining, ADDIE
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rinardius Baptista Ati - Personal Name
|
Student ID |
1701050052
|
Dosen Pembimbing |
Kadek Ayu Astiti, S.Pd., M.Pd - 19880928 201404 2 002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Drs. Fakhruddin, M.Si - 19681226 199403 1 002 - Ketua Penguji
Kadek Ayu Astiti, S.Pd., M.Pd - 19880928 201404 2 002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultras Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Ati P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |