Skripsi
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKN DI UPTD SMP NEGERI 2 KUPANG
XMLPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Kupang? dan bagaimana efektifitas pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Kupang? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian metode Kualitatif, teknik
pengambilan data dalam penelitian ini berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Kupang dalam mata pelajaran PPKn sudah terlaksana dengan cukup efektif. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Google Classroom dan Whatsapp. Dalam pembelajaran daring guru melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar berupa media pembelajaran dan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini guru lebih sering menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan peserta
didik dan orang tuanya dan membagikan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan Google Classroom untuk penyampaian materi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media berupa video, yang bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran daring berupa diskusi dan tanya jawab kepada peserta didik sebagai suatu cara agar peserta didik dapat berinteraki
dengan teman dan guru denngan baik. Selain itu guru juga menggunakan metode penugasan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik, sebelum
memberikan tugas guru akan memberikan penjelasan mengenai tugas tersebut kemudian mengirimkannya melalui Google Classroom. Dalam pembelajaran daring, guru melakukan pendekatan dengan peserta didik melalui Whatsapp dan Google Classroom guna memberikan motivasi serta menanyakan keluhan peserta didik terkait pelaksanaan pembelajaran daring. Selanjutnya untuk penilaian dan evaluasi guru juga menggunakan aplikasi Google Classroom, untuk mengirim kembali tugas peserta didik yang telah dikoreksi. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini yaitu tidak stabilnya jaringan internet sehingga terkadang peserta didik kesulitan untuk belajar. Selain itu peserta didik juga sering mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran, namun guru selalu memberikan waktu lebih dengan menanyakan kepada peserta didik jika memang masih ada peserta didik yang belum mengerti tentang materi tersebut maka guru akan dengan sabar memberikan penjelasan ulang.
Kata Kunci : Efektifitas, Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PPKn
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
DEWI SRIYANTY ATAUPAH - Personal Name
|
Student ID |
1701070029
|
Dosen Pembimbing |
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Anif Istianah - 198812112019032013 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 ATA E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |