Evaluasi Kinerja Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten TTU (Studi Kasus Penegakan Netralitas ASN Dalam Pilkada Kabupaten TTU Tahun 2020)

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Kinerja Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten TTU (Studi Kasus Penegakan Netralitas ASN Dalam Pilkada Kabupaten TTU Tahun 2020)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Bawaslu Kabupaten TTU dalam menegakkan Netralitas ASN pada Pilkada Kabupaten TTU Tahun 2020. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Evaluasi kinerja dan teori pengawasan. Adapun teori yang digunakan adalah teori kinerja yang dirumuskan oleh Pasolog Harbani, yang menggambarkkan tingkat pencapain suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan indikator masukan (input), proses, keluaran (output) dan hasil (outcome). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, Kinerja Bawaslu Kabupaten TTU dalam melaksanakan pengawasan selama masa pilkada dapat dikatakan belum efektif, hal ini dikarenakan dalam menjalankan kinerjanya masih terjadi pelanggaran Netralitas ASN. Dari hasil penelitian indikator input dinilai kurangnya jumlah personil maka keterlibatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting serta keterlambatan anggaran yang dicairkan ke Bawaslu itu menjadi salah satu factor penghambat maksimalnya kinerja Bawaslu. Proses dinilai dari proses pencegahan, pengawasan dan penindakan dari Bawaslu Kabupaten TTU tersebut sudah berjalan dengan baik sesuai dengan UU NO. 7 Tahun 2017. Output dinilai dari keterbatasan waktu pelaksanaan sosialisasi mengaibatkan jumlah pelaksanaan sosialisasi sangat kurang sehingga dirasa tidak efektif dan tidak menyeluruh kesemua elemen masyarakat. Outcome dinilai dari temuan dan laporan tersebut berarti angka netralitas ASN pada Pilkada tahun 2020 di Kabupaten TTU bukan semakin menurun tetapi semakin meningkat. Adapun saran peneliti terkait dengan penelitian evaluasi kinerja Bawaslu Kabupaten TTU dalam menangani pelanggaran Netralitas ASN pada Pilkada Tahun 2020 yaitu Dalam melakukan pengawasan untuk lebih ditingkatkan sehinggah masa kampanye bebas dari adanya tindakan kecurangan.

Kata Kunci : Evaluasi Kinerja, Bawaslu, Pengawasan, Pilkada, Netralitas ASN


Detail Information

Item Type
Penulis
DINA WIDYARINI - Personal Name
Student ID
1703040062
Dosen Pembimbing
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
FRANS B.RICKY HUMAU - 199101062019031008 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
ILMU POLITIK
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 WID E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA