Skripsi
Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya di Kelas IV SD Inpres Nitneo
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Nitneo melalui penerapan metode Card Sort. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan empat tahapan yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Tes serta Refleksi dengan subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV SD Inpres Nitneo. Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Nitneo, Kabupaten Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 siswa yang tuntas pada siklus I terdapat 11 orang siswa (61%) karena berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, aktif memberikan pertanyaan, serta aktif dalam menyampaikan pendapat dan turut serta mengambil kesimpulan saat pembelajaran berakhir. Sedangkan tidak tuntas sebesar orang siswa (39%) karena guru kurang memberi penjelasan materi secara detail, guru kurang membantu siswa dalam berdiskusi dan menyelesaikan Lembar kerja peserta didik, serta siswa sendiri tidak aktif dalam pembelajaran dan tidak berkonsentrasi dalam pembelajaran. Selanjutnya siklus II dari 18 siswa semuanya mengalami peningkatan hasil belajar atau mendapatkan nilai tuntas (100%) karena guru dan siswa sama-sama bekerja sama dan lebih aktif dalam pembelajaran, serta siswa berkonsentrasi dengan baik selama pembelajaran. Oleh karena persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (39%). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Nitneo dalam pembelajaran tentang Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya.
Kata Kunci : Metode Card Sort, Bagian Tumbuhan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
EVI YUNITA FALLO - Personal Name
|
Student ID |
1601140044
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Fal P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |