KOMUNIKASI TRANSENDENTAL PADA RITUAL ADAT SAISO (Studi Fenomenologi pada masyarakat Adat di suku Weelewo kec. Wewewa Tengah Kab. Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

KOMUNIKASI TRANSENDENTAL PADA RITUAL ADAT SAISO (Studi Fenomenologi pada masyarakat Adat di suku Weelewo kec. Wewewa Tengah Kab. Sumba Barat Daya)

XML

KOMUNIKASI TRANSENDENTAL DALAM RITUAL ADAT SAISO
(Studi Fenomenologi pada Masyarakat Adat Suku Weelewo Kec. Wewewa Tengah, Kab. Sumba Barat Daya)
Oleh
MARGARETHA INDRIANI SULLA SIDU
1603050057

ABSTRAK

Ritual saiso merupakan ritual sakral yang dilakukan masyarakat adat suku Weelewo di Sumba Barat Daya. Saiso ada karena janji yang diberikan manusia kepada leluhur dan untuk mengembalikan jiwa orang yang meninggal secara tidak wajar ke alam marapu. Sebelum ritual saiso dilakukan masyarakat terlebih dahulu menggelar urrata untuk mengetahui jawaban para marapu tentang saiso. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengalaman proses komunikasi Transendental dalam upacara adat Saiso di suku Weelewo, Kecamatan Wewewa Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya. (2) Untuk menjelaskan makna komunikasi Transendental dalam upacara adat Saiso di Suku Weelewo, Kecamatan Wewewa Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya. (3) Untuk mengetahui motif masyarakat di Suku Weelewo, Kecamatan Wewewa Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya dalam melakukan ritual adat Saiso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teori fenomenologi, Lokasi penelitian dilakukan di Suku Weelewo Desa Bondo Delo. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua adat, tokoh adat, dan masyarakat yang pernah mengikuti ritual saiso. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara mendalam. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pengalaman masyarakat adat dapat mengetahui bahwa saiso terjadi karena dua hal yaitu (1) ada janji (2) mengembalikan jiwa orang yang meninggal secara tidak wajar. Makna dari komunikasi transendental adalah untuk berkomunikasi dengan para leluhur baik secara langsung maupun melalui symbol atau lambang untuk menyampaikan permohonan kepada Tuhan. Motif melakukan ritual saiso adalah karena adanya janji yang harus ditepati dan juga untuk menenangkan jiwa keluarga yang meninggal secara tidak wajar maka arwahnya harus di kirim kealam para marapu.
Kata Kunci : Fenomenologi, Komunikasi Transendental, Komunikasi Ritual, Ritual Saiso


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1603050057
Dosen Pembimbing
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Ketua Penguji
Ferly Tanggu Hana - 198202162010122001 - Penguji 1
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Sid K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA