ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (STUDI KASUS PABRIK AMANAH)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (STUDI KASUS PABRIK AMANAH)

XML

ABSTRAK
ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL
(STUDI KASUS PABRIK AMANAH)
SITI RAMDANIYATI
Pabrik Amanah merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di industri pembuatan roti yang memproduksi berbagai jenis varian rasa seperti coklat, mocca, keju, dan strawberry. Proses produksinya membutuhkan banyak mesin dan biaya. Pabrik Amanah menjual produknya bukan hanya ke pedagang eceran yang ada di kota Maumere tetapi juga memasarkan produknya sampai ke luar kota Maumere yaitu Desa Boru untuk memperluas daerah pemasarannya. Dalam menetapkan harga jual produknya hanya menggunakan perkiraan dan hitungan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing, metode variable costing, dan metode cost plus pricing dalam menentukan harga jual pada Pabrik Amanah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Jenis data yang digunakan peneliti yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan harga jual perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan harga jual dari hasil analisis dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing dan pendekatan variable costing.
Kata kunci: Harga pokok produksi, full costing, variable costing, harga jual.


Detail Information

Item Type
Penulis
Siti Ramdaniyati - Personal Name
Student ID
1810020013
Dosen Pembimbing
Rolland E. Fanggidae - 19840831 200912 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Novi Theresia Kiak, SE., M.SE - 19851101 201903 2 006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Rolland E. Fanggidae, S.Si,MM - - Ketua Penguji
Novi Theresia Kiak, SE., M.SE - 19851101 201903 2 006 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
622.01 Ram A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA