PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE (Studi Sosiologis Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE (Studi Sosiologis Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Penelitian ini Judul Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove Studi Sosiologi Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Dalam kehidupan bermasyarakat, tentulah banyak hal sebagai keterlibatan aktif masyarakat yang terjadi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Selain itu, dalam proses kehidupan bermasyarakat pun ada juga sistem yang mengaturnya antara lain pihak pemerintah dan masyarakat setempat. Kedua belah pihak harus bekerja sama dengan baik karena bekerja sama adalah cara yang tepat untuk mempermudah dan memperlancar suatu kegiatan. Partisipasi masyarakat diartikan sebagai keterlibatan aktif warga masyarakat dalam proses pembuatan keputusan bersama, perencanaan dan pelaksanaan program dan pembangunan masyarakat, yang di laksanakan di dalam maupun di luar lingkungan masyarakat atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab, Soelaiman (1985:34). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk partisipasi masyarakan dalam pemanfaata hutan mangrove. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hutan hutan mangrovedi kelurahan Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Partisipasi bahwa warga yang berpartisipasi dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata akan mendapat manfaat dalam bentuk peningkatan kualitas kehidupan pariwisata dan pelestarian lingkungan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang diantaranya semua adalah masyarakat sekitar area hutan mangrove. Hasil dari penelitian ini menunjukan masyarakat yang tinggal di sekitar ekowisata hutan mangrove memili kepedulian yang cukup tinggi terhadap keberadaannya. Pada penelitian ini peneliti menemukan beberapa macam partisipasi yang masyarakat sekitar ekowisata hutan mangrove lakukan. Partisipasi yang pertama ditemukan adalah partisipasi tenaga dimana masyarakat sekitar menyumbangkan tenaghanya secara suka rela disetiap pembangunan di ekowisata hutan mangrove. Partisipasi berikutnya merupakan partisipasi yang cukup menarik, dimana selain tenaga dan materi masyarakat juga turut serta dalam menyampaikan pendapatnya tentang pembangunan atau pembaharuan ekowisata hutan mangrove. Masyarakat sekitar dari idenya ingin menjadikan ekowisata hutan mangrove menjadi lebih indah dan mampu menarik perhatian yang lebih dari para pengunjung. Saran penulis adalah Peran pemerintah dan keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan pengelolaan hutan mangrove yang ada di Kelurahan Oesapa Barat.


Detail Information

Item Type
Penulis
Tomi Ragil Prasetyo Kana - Personal Name
Student ID
1403030140
Dosen Pembimbing
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
FISIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Kan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA