Pola Asuh Orang Tua Tunanetra Dalam Mengasuh Anak Kandung Yang Normal (Studi Kasus Pada Pasangan Tunanetra Yang Berada Di Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Asuh Orang Tua Tunanetra Dalam Mengasuh Anak Kandung Yang Normal (Studi Kasus Pada Pasangan Tunanetra Yang Berada Di Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang)

XML

Latar belakang penulis melakukan penelitian ini bertolak pada cara pengasuhan yang dilakukan oleh penyandang tunanetra baik yang low vision maupun total blind dan memiliki anak kandung yang normal. Berdasarkan latar belakang diatas maka pokok permasalahan adalah bagaimana pola asuh orang tua tunanetra dalam mengasuh anak kandung yang normal? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pola asuh orang tua tunanetra terhadap anak kandung yang normal. Penelitian ini menggunakan teori Pola Asuh dari Elizabeth B. Hurlock yang menyatakan bahwa ada 3 jenis pola asuh yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permissif, dan penelitian ini juga di analisis menggunakan teori struktural fungsional (Adaptasi, Pencapaian tujuan, Integrasi dan Latenci) yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 pasangan yang terdiri dari 10 orang total blind dan 8 orang low vision. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua penyandang tunanetra yaitu dengan cara pola asuh demokratis dan ototriter. Pola asuh demokratis digunakan dengan cara selalu menjaga pola makan minum, jam tidur siang dan malam, memberi arahan dan menasehati anak-anak dengan cara yang halus, selain itu juga selalu mengontrol anak-anak walaupun harus meminta bantuan dari orang lain. Sedangkan pola asuh otoriter yaitu dengan memberikan peraturan yang harus ditaati untuk anak-anak, ketika membuat kesalahan maka adanya sangksi/hukuman dengan memarahi dan mencubit di telinga, ini merupakan sebuah peringatan agar anak-anak tidak mengulangi kesalahannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh merupakan cara orang tua dalam membentuk karakter anak, selain itu menjaga, merawat, membimbing anak-anak agar selalu patuh dan taat pada orang tua dan lingkungan sosial. Saran penulis untuk orang tua penyandang tunanetra agar selalu mempertahankan cara mengasuh dan juga menanamkan nilai-nilai kemandirian terhadap anak-anak dan hendaknya memberikan kebebasan dan kepercayaan kepada anak karena jika terlalu dikendalikan maka secara tidak langsung orang tua telah membatasi kreativitas anak.


Detail Information

Item Type
Penulis
VINSENSIA INDRI HATAS - Personal Name
Student ID
1703030170
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 HAT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA