PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA KUPANG

XML

ABSTRAK
Tena Aloysius Umbu 2020,“Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi Oleh Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Kupang”. Dr. Dorcas Langgar, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Leonard Lobo, M. Kes sebagai pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. menerapkan Nilai-nilai Demokrasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VII C SMP Negeri 5 Kota Kupang., 2. Bagaimana Keaktifan Siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan Nilai-Nilai Demokrasi Oleh Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VII C SMP Negeri 5 Kota Kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam upaya penerapan nilai-nilai demokrasi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dianalisis yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati dan dipaparkan dalam kalimat yang dipisahkan menurut kategorinya untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi bagi siswa SMP Negeri 5 Kota Kupang adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan agar siswa-siswi lebih mudah menyadari arti sikap dan tingkah laku didalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Karena banyak siswa yang tidak menyadari arti pentingnya sikap yang lebih baik dan lebih terarah pada suatu sistem pendidikan dalam proses pembelajaran yang lebih baik.Penerapanan nilai-nilai demokrasi bagi siswa-siwa SMP Negeri 5 Kota Kupang bertujuan agar mampu membawa perubahan dan bagaimana ia menerapkan nilai-nilai demokrasi tersebut. Pendidikan dalam hal proses penerapan nilai-nilai demokrasi pada dasarnya tidak hanya diperoleh dari orang lain atau dari proses belajar mengajar, melainkan juga dapat diperoleh dari pribadi sendiri melalui sifat dan tingkah laku setiap hari bagaimana kita menerapkan dasar hukum dengan baik.
Kata Kunci : Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi Dan Mata Pelajaran PPKn.


Detail Information

Item Type
Penulis
ALOYSIUS UMBU TENA - Personal Name
Student ID
1532070030
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
Dr.Leonard Lobo.,M.Si - 195912319987021005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA