Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran PJOK Terhadap Keaktifan Peserta Didik Dalam Belajar Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SD Inpres Palsatu Manutapen Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran PJOK Terhadap Keaktifan Peserta Didik Dalam Belajar Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SD Inpres Palsatu Manutapen Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran PJOK terhadap keaktifan peserta didik teknik dalam belajar pada masa pandemic Covid-19 di SD Inpres Palsatu Manutapen Kota Kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan Media bahan ajar berbasis gambar Teknik dasar Menendang bola pada masa pandemic Covid-19. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data presentase keaktifan peserta didik yang diambil dari hasil kuasioner pada pertemuan akhir dari hasil wawancara Bersama guru matapelajaran PJOK yaitu: motivasi dan cita-cita, sikapterhadap guru dan pembelajaran, media, vasilitas dan hasil analisis wawancara pada guru matapelajaran PJOK. Subjek yang diujicoba adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 10 orang dengan pembelajaran secara daring dan tatap muka. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistic deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Teknik Dasar Menendang Bola berbasis gambar kelas III SD secara tatap muka dan secara daring pada masa pandemic Covid-19 layak digunakan sebagai sumber belajar dan mempengaruhi keaktifan peserta didik dalam belajar. Hal ini ditunjukan dari beberapa penilaian yang telah dilakukan yaitu; media, materi, uji coba lapangan, motivasi, dan dukungan dari orang tua. Hasil akhir peneliaan motivasi menunjukan bahwa semua guru (90%) tetap memberikan pembelajaran PJOK pada masa pandemi Covid-19, sikap guru terhadap siswa menunjukan (80%), Keluarga menunjukan bahwa (70%), namun yang menjadi pengaruh dari hasil analisis menunjukan bahwa media sangat kurang dengan (50%) bagi peserta didik untuk memahami materi. Pada akhir analiss data yang menunjukan hasil wawancara dari guru matapelajaran dengan mengisi kuasioner dari guru mata pelajaran menunjukan bahwa sangat baik (70%), dengan perbandingan bahwa hasil media pembelajaran PJOK pada masa pandemic covid 19 masih kurang sedangkan darihasil wawancara guru matapelajaran mengenai media yang digunakan baik (70%) pada masa pandemi covid-19 yang dilakukan secara daring dan tatapmuka (ofline).

Kata kunci: Media Pembelajaran, Teknik Dasar Menendang Bola, Masa pandemic Covid-19


Detail Information

Item Type
Penulis
NIMROD SILLA - Personal Name
Student ID
1601150050
Dosen Pembimbing
Michael J.H Louk - 198705202019031015 - Dosen Pembimbing 1
YUDABBIRUL ARIF - 199011062018031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Michael J. H. Louk - 19870520201531015 - Ketua Penguji
Yudabbirul Arif - 199011062018031002 - Penguji 1
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
852.01 SIL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA