Upaya Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak Tahun 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak Tahun 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur

XML

Partisipasi merupakan salah satu aspek penting dari demokrasi. Asumsi yang mendasari demokrasi (partisipasi) merupakan orang yang paling tahu tentang apa yang paling baik bagi dirinya adalah orang itu sendiri. Karena keputusan politik yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah menyangkut dan mempengaruhi kehidupan warga negara, maka warga masyarakat berhak ikut serta menentukan isi keputusan yang mempengaruhi hidupnya dalam keikutsertaan, warga negara dalam mempengaruhi proses pembuatan dan pelakasanaan keputusan politik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus bertindak profesional dengan menentukan langkah-langkah strategis yang mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, salah satu cara yaitu melakukan sosialisasi.
Sosialisasi pemilihan umum yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum kepada masyarakat luas ini bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan politik untuk meningkatkan pemahaman masyarakat. sosialisasi ini juga bisa berdampak pada tingkat partisipasi politik masayarakat. Dalam penelitian ini yang berjudul Upaya Komisi Pemilihan Umum dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula pada Pemilu Serentak Tahun 20219 di Kabupaten Manggarai Timur, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi langsung.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya-upaya yang dilakukan KPU kabupaten Manggarai Timur dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu serentak tahun 2019 yaitu 1. Melakukan sosialisasi langsung atau tatap muka dan sosialisasi tidak langsung. Sosialisasi langsung diantaranya a) memberikan pendidikan politik kepada masyarakt, b) membentuk relawan demokrasi, 2. Sosialisasi tidak langsung seperti: a) penyebaran informasi melalui alat peraga seperti baliho, poster, pamflet, pin, spanduk, stiker pada mobil/motor/rumah, b) sosialisasi melaui media massa seperti radio dan surat kabar. Mengingat data laporan KPU yang menyebutkan jumlah pemilih setiap diselenggarakan pemilu selalu meningkat dan yang menjadi sorotan utama yakni jumlah yang tidak menggunakan hak pilih juga terus meningkat. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai Timur sudah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

Kata kunci: Upaya KPU, Partisipasi Pemilih Pemula, Pemilu Serentak


Detail Information

Item Type
Penulis
YULIANA DELTI - Personal Name
Student ID
1623010056
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
PRIMUS LAKE - 195908281987021002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Primus Lake - 195908281987021002 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 DEL U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA