PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA NARU KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

Detail Cantuman

Skripsi

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA NARU KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Naru Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian berjumlah 13 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Naru Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada, dianalisis berdasarkan bentuk-bentuk Partisipasi yaitu pertama mengikuti sosialisasi, menyetor iuran pajak, memberikan pendapat tentang pajak, menilai kerja petugas penagih pajak.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Naru Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada dapat dilihat yaitu pertama: Kemauan Masyarakat dalam mengikuti sosialiasi ditemukan masih minim, hal ini terjadi karena masyarakat tidak memiliki waktu untuk mengikuti sosialisasi. Kedua: Kemampuan masyarakat dalam menyetor iuran pajak bumi dan bangunan ditentukan oleh pekerjaan dan penghasilan dari wajib pajak. Ketiga: Dalam memberikan pendapat tentang pajak bumi dan bangunan, ditentukan oleh faktor pendidikan dalam hal ini masyarakat yang memiliki pendidikan yang cukup berasumsi bahwa dalam pemungutan pajak perlu adanya sikap tegas dari petugas dan juga pemberian sanksi harus adil dan merata. Sedangkan masyarakat yang tidak memilki pendidikan yang cukup berasumsi bahwa pajak tidak memilki manfaat karena masyarakat belum merasakan manfaat dari pajak. Keempat: Penilaian masyarakat mengenai kinerja petugas ditemukan bahwa adanya ketiadak adailan dalam pelayanan menimbulkan rasa cemburu diantara wajib pajak.

Kata Kunci: Partsipasi Masyarakat Dan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan


Detail Information

Item Type
Penulis
ADRIANUS NGISO - Personal Name
Student ID
1623010049
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 NGI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA