Skripsi
PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN KARTU KELUARGA DAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL, KABUPATEN ROTE NDAO
XMLABSTRAK
Chandra Eli Manafe, Skripsi 2022 berjudul “Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao”. Dosen pembimbing yakni: Dr. Hendrik Toda, M.Si dan Umbu T.W Pariangu, S.Sos, M.PA.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bentuk-bentuk patologi birokrasi dalam pelayanan kartu keluarga dan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao, dan Untuk mengetahui upaya mengatasi patologi birokrasi dalam pelayanan kartu keluarga dan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao berdasarkan bentuk-bentuk patologi yang dikemukakan oleh Siagian (1994) yaitu: a) Birokrasi yang menyimpang seperti: penyalagunaan wewenang dan jabatan dalam hal penundaan dan mengulur waktu bagi masyarakat sebagai penerima pelayanan., menerima sogok, dan pilih kasih. b) Rendahnya pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam pembuatan kartu keluarga dan E-KTP dalam hal ini disiplin waktu yang rendah, dan perilaku pegawai yang kurang ramah, serta daya tanggap yang rendah akibat dari kurangnya pegawai. c) Situasi internal dalam pemerintahan yang berakibat negatif terhaap birokrasi seperti: kondisi kerja yang tidak nyaman dan sarana dan prasarana yang tidak tepat dan memadai. Saran yang diangkat dari penelitian ini adalah Perlunya dilakukan pelatihan kepada para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao secara intensif tentang pentingnya moral dan tanggung jawab sebagai abdi masyarakat; Perlu adanya inovasi-inovasi baru dalam peningkatan pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP, sehingga pelayanan menjadi mudah dan cepat. Karena penggunaan waktu dalam memberikan pelayanan harus sesuai dengan SOP yang ada, karena menjadi indikator kepuasan masyarakat.
Kata Kunci: Patologi, Birokrasi, Pelayanan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
CHANDRA ELI MANAFE - Personal Name
|
Student ID |
1603010106
|
Dosen Pembimbing |
Umbu T.W. Pariangu, S.Sos, MPA - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Dr. Hendrik Toda, S. Sos, M.si. 19831204 200912 1 005 - - Ketua Penguji
Umbu T, W. Pariangu, S.Sos, M.Ap - - Penguji 1 Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
ilmu administrasi negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.10
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |