PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN KARTU KELUARGA DAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL, KABUPATEN ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN KARTU KELUARGA DAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL, KABUPATEN ROTE NDAO

XML

ABSTRAK
Chandra Eli Manafe, Skripsi 2022 berjudul “Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao”. Dosen pembimbing yakni: Dr. Hendrik Toda, M.Si dan Umbu T.W Pariangu, S.Sos, M.PA.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bentuk-bentuk patologi birokrasi dalam pelayanan kartu keluarga dan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao, dan Untuk mengetahui upaya mengatasi patologi birokrasi dalam pelayanan kartu keluarga dan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao berdasarkan bentuk-bentuk patologi yang dikemukakan oleh Siagian (1994) yaitu: a) Birokrasi yang menyimpang seperti: penyalagunaan wewenang dan jabatan dalam hal penundaan dan mengulur waktu bagi masyarakat sebagai penerima pelayanan., menerima sogok, dan pilih kasih. b) Rendahnya pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam pembuatan kartu keluarga dan E-KTP dalam hal ini disiplin waktu yang rendah, dan perilaku pegawai yang kurang ramah, serta daya tanggap yang rendah akibat dari kurangnya pegawai. c) Situasi internal dalam pemerintahan yang berakibat negatif terhaap birokrasi seperti: kondisi kerja yang tidak nyaman dan sarana dan prasarana yang tidak tepat dan memadai. Saran yang diangkat dari penelitian ini adalah Perlunya dilakukan pelatihan kepada para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao secara intensif tentang pentingnya moral dan tanggung jawab sebagai abdi masyarakat; Perlu adanya inovasi-inovasi baru dalam peningkatan pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP, sehingga pelayanan menjadi mudah dan cepat. Karena penggunaan waktu dalam memberikan pelayanan harus sesuai dengan SOP yang ada, karena menjadi indikator kepuasan masyarakat.

Kata Kunci: Patologi, Birokrasi, Pelayanan.


Detail Information

Item Type
Penulis
CHANDRA ELI MANAFE - Personal Name
Student ID
1603010106
Dosen Pembimbing
Umbu T.W. Pariangu, S.Sos, MPA - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
ilmu administrasi negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.10
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA