Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Waimana 2

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Waimana 2

XML

Skripsi oleh Paulina Somi Weking, Nim 1701140098 PGSD 2022 dengan judul skripsi “Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Waimana 2”. Dengan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh yang signifikan antara pengguna Gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Waimana 2?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengguna gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Waimana 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian expost facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis pada subjek penelitian berjumlah 64 orang, dengan rincian laki-laki berjumlah 32 orang, dan perempuan berjumlah 32 orang.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Waimana 2, Kabupaten Flores Timur dengan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Waimana 2, memperoleh nilai t_(hitung )23,56 untuk kesalahan 5% dan dk = n – 2 = 62 maka diperoleh t_tabel = 1,562. Apabila dibandingkan t_tabel dengan t_hitung , maka t_hitung > t_tabel (23,56 > 1,562), berarti H_a diterima, karena pembelajaran menggunakan gaya mengajar interakional yang dimana Guru dan Siswa sama-sama dominan, memodifikasi materi pembelajaran, menciptakan iklim yang saling ketergantungan, dan materi pembelajarannya lebih difokuskan pada masalah-masalah kontemporer. Dan H_o ditolak, karena dalam pembelajaran tidak dijalankan gaya mengajar interaksional yakni Guru dan Siswa sama-sama dominan, memodifikasi materi pembelajaran, menciptakan iklim yang saling ketergantungan, dan materi pembelajarannya lebih difokuskan pada masalah-masalah kontemporer.
Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya mengajar interaksional yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Gaya Mengajar, Interaksional, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Paulina Somi Weking - Personal Name
Student ID
1701140098
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Wek P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA