Kearifan Lokal Meminimalisasi Konflik Dalam Sistem Pembagian Warisan Masyarakat Adat Timor Di Desa Tasinifu Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Kearifan Lokal Meminimalisasi Konflik Dalam Sistem Pembagian Warisan Masyarakat Adat Timor Di Desa Tasinifu Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah : pertama mendeskripsikan bentuk kearifan lokal dan sistem pembagian warisan menurut hukum adat Timor di Desa Tasinifu Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara, kedua mendeskripsikan bentuk-bentuk kearifan lokal dalam sistem pembagian warisan untuk meminimalisasi terjadinya konflik tanah dalam masyarakat adat Timor di Desa Tasinifu Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara dan ketiga mendeskripsikan pola penyelesaian sengketa tanah menurut hukum adat masyarakat Timor di Desa Tasinifu Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Sumber data yang digunakan dikumpulkan baik dari data primer dan data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat jelas sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kearifan lokal dan sistem pembagian harta warisan menurut hukum adat yaitu : pertama, permasalahan dalam pembagian harta warisan berdasarkan adat Timor di Desa Tasinifu antara lain permasalahan dalam proses pendaftaran ahli waris hak atas tanah warisan. Masalahnya ada di berkas lamaran yang diajukan sehingga proses sertifikasi menjadi lambat. Kedua, keunggulan dalam setiap penyelesaian setiap sengketa yang terjadi di Desa Tasinifu kiranya perlu dibuat atau ditetapkan ketentuan sebagai patokan dan pedomn baik dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis. Ketiga, untuk menyelesaikan sengketa tersebut dengan cara musyawarah bersama untuk mencari kebenaran diantara kedua pihak tersebut, kemudian jika ditemukan yang bersalah maka akan diberikan sanksi yang telah disepakati bersama.

Kata Kunci : Kearifan Lokal, Konflik dan Pembagian Warisan


Detail Information

Item Type
Penulis
EMILIANA MAGDALENA THAAL - Personal Name
Student ID
1701070122
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Anif Istianah - 198812112019032013 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewareganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 THA K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA