Skripsi
Pengaruh Beberapa Faktor Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Rumah Makan Padang Bundo Kanduang di Kota Kupang)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui presepsi pelanggan terhadap nilai emosional, nilai sosial, nilai kinerja, dan nilai biaya terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Padang Bundo kanduang. (2) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai emosional secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. (3) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai sosial secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. (4) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai kinerja secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. (5) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai biaya secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. (6) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai emosional, nilai sosial, nilai kinerja, dan nilai biaya secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, dan manfaat dari penelitian ini adalah memperkaya ilmu pengetahuan mengenai nilai emosional, nilai sosial, nilai kinerja dan nilai biaya terhadap loyalitas pelanggan.
Untuk mencapai tujuan tersebut di pilih sampel sebanyak 100 responden pada Rumah makan Padang Bundo kanduang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 26.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai emosional berada pada kategori sangat tinggi (4,23), nlai sosial berada pada kategori sangat tinggi (4,23), nilai kinerja berada pada kategori tinggi (4,17), dan nilai biaya berada pada kategori tinggi (4,14). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa hasil dari uji t variabel nilai emosional (X1) thitung (2,001) > ttabel (1,661), maka hipotesis pertama berbunyi nilai emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari uji t variabel nilai sosial (X2) thitung (4,431) > ttabel (1,661), maka hipotesis kedua berbunyi nilai sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari uji t variabel nilai kinerja (X3) thitung (531) < ttabel (1,661), maka hipotesis ketiga berbunyi nilai kinerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t variabel nilai biaya (X4) thitung (760) < ttabel (1,661), maka hipotesis keempat berbunyi nilai biaya secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari uji F yang menunjukkan nilai Fhitung (31,791) > Ftabel sebesar (2,47). Dengan demikian hipotesis keempat pada penelitian ini berbunyi variabel nilai emosional, nilai sosial, nilai kinerja, dan nilai biaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan Adjust R squer menunjukkan kontribusi variabel nilai emosional, nilai sosial, nialai kinerja, dan nilai biaya terhadap loyalitas pelanggan sebesar 55,4%. Sedangkan 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar fokus penelitian ini. Dari hasil analisis tersebut, pihak Rumah Makan padang Bundo Kanduang diharapkan untuk selalu meningkatkan nilai emosional, nilai sosial, nilai kinerja, dan nilai biaya sehingga pelanggan menjadi loyal.
Kata Kunci: Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kinerja, Nilai Biaya, Loyalitas Pelanggan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
APRILIANA INDAH SARI MIMUS - Personal Name
|
Student ID |
1803020165
|
Dosen Pembimbing |
Khalid K. Moenardy - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Khalid K. Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1 Tarsisius Timuneno - 196111141989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
administrasi bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |