PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOGRAFI KELAS X KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI SMA NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOGRAFI KELAS X KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI SMA NEGERI 5 KUPANG

XML

Jurumana, Eman Umbu Siwa. 2022. Pengembangan Modul Ajar Geografi Kelas X Kurikulum Sekolah Penggerak Materi
Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di SMA Negeri 5 Kupang. Program Studi Pendidikan
Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Pembimbing I : Bella Theo Tomi
Pamungkas, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II : Sunimbar, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Perubahan kurikulum, modul ajar dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perubahan kurikulum di SMA Negeri 5 Kupang terhadap
modul ajar geografi X (2) mengetahui pengembangan modul ajar materi dinamika litosfer dan dampaknya
terhadapap kehidupan di SMA Negeri 5 Kupang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development). Perubahan kurikum telah banyak berganti di SMA Negeri 5 kupang
Sejak tahun berdiri sekolah tersebut dari tahun 1991, mulai diterapkannya Kurikulum 1994, kurikulum 1997,
Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004-2013), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006,
Kurikulum(2013) dan saat ini Kurikulum Sekolah Penggerak di SMA 5 Negeri Kupang Pada setiap ajaran baru
melakukan perubahan modul sesuai dengan kondisi peserta didik namun tidak hanya revisi dan pengembangan
modul ajar. Penilaian hasil pengembangan modul pada penelitian ini ditentukan oleh dua kriteria yaitu validity
(validitas), dan practicality (kepraktisan). Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh hasil rata-rata sebesar 80%
dengan kriteria layak penilain ahli media diperoleh hasil rata-rata sebesar 77 % dengan kriteria layak. Dengan
demikian modul yang telah dikembangkan dari segi materi dan media tergolong atau dapat dikatakan modul
layak di gunakan Berdasarkan kuesioner tanggapan respon guru rata-rata sebesar 88% dengan kriteria sangat
layak dan tanggapan respon siswa, diperoleh rata-rata sebesar 87% dengan kriteria sangat layak.


Detail Information

Item Type
Penulis
EMAN UMBU SIWA JURUMANA - Personal Name
Student ID
1701100084
Dosen Pembimbing
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1
Natalia Adel H. N Mari - 199307272019032029 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GEOGRAFI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 JUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA