Skripsi
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 EBAN TIMOR TENGAH UTARA
XMLSkripsi oleh Maria Kurniati Jemeo, NIM 1801140042 dengan judul “ Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Gugus 1 Eban Timor Tengah Utara”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meninngkatkan kinerja guru di sekolah dasar gugus 1 Eban Timor Tengah Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan jumlah informan penelitian sebanyak 8 orang , yang terdiri dari 4 kepala sekolah dan 4 guru kelas, dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Penelitian ini dilaksanakan di gugus 1 Eban Timor Tengah Utara, yang terdiri dari SDK Eban 1, SDK Eban 2, SDK Seoam 1, SDK Seoam 2 khusunya kelas III, IV, V, dan VI. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah, 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah pada SD gugus 1 Eban sebagai berikut: a. Pelaksanaan supervisi dalam mengembangkan implementasi kurikulum yaitu dengan membentuk tim yang tugasnya mengembangkan prinsip dan ide kurikulum. b. Pelaksanaan supervisi dalam program pendidikan yaitu dengan melakukan kegiatan pemberian layanan bimbingan belajar secara kontinyu kepada siswa. c. Pelaksanaan supervisi dalam kebijakan sekolah yaitu dengan melakukan kebijakannya yang didasarkan pada pertimbangan win-win solution atau saling menguntungkan antara pihak sekolah dengan para guru sebagai ujung tombak pendidikan. d. Pelaksanaan supervisi dalam kerjasama sekolah dengan instansi lainnya yaitu dengan mengadakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolahnya seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan lembaga terkait seperti Dinas Pendidikan Nasional. e. Pelaksanaan supervisi dalam proses mengajar guru yang berkaitan dengan kinerja guru yaitu kepala sekolah menggunakan teknik-teknik seperti teknik kunjungan kelas dan melakukan refleksi setelah supervisi dilakukan dengan pendekatan formal dan informal, 3) Tindak lanjut hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, 4) Kinerja guru setelah dilaksanakannya supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah meningkat sebanyak delapan puluh persen.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah telah terlaksana dengan baik sehingga menghasilkan peningkatan kinerja guru di SD gugus 1 Eban.
Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Supervisi, Kinerja Guru
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Kurniati Jemeo - Personal Name
|
Student ID |
1801140042
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 JEM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |