PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 EBAN TIMOR TENGAH UTARA

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 EBAN TIMOR TENGAH UTARA

XML

Skripsi oleh Maria Kurniati Jemeo, NIM 1801140042 dengan judul “ Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Gugus 1 Eban Timor Tengah Utara”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meninngkatkan kinerja guru di sekolah dasar gugus 1 Eban Timor Tengah Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan jumlah informan penelitian sebanyak 8 orang , yang terdiri dari 4 kepala sekolah dan 4 guru kelas, dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Penelitian ini dilaksanakan di gugus 1 Eban Timor Tengah Utara, yang terdiri dari SDK Eban 1, SDK Eban 2, SDK Seoam 1, SDK Seoam 2 khusunya kelas III, IV, V, dan VI. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah, 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah pada SD gugus 1 Eban sebagai berikut: a. Pelaksanaan supervisi dalam mengembangkan implementasi kurikulum yaitu dengan membentuk tim yang tugasnya mengembangkan prinsip dan ide kurikulum. b. Pelaksanaan supervisi dalam program pendidikan yaitu dengan melakukan kegiatan pemberian layanan bimbingan belajar secara kontinyu kepada siswa. c. Pelaksanaan supervisi dalam kebijakan sekolah yaitu dengan melakukan kebijakannya yang didasarkan pada pertimbangan win-win solution atau saling menguntungkan antara pihak sekolah dengan para guru sebagai ujung tombak pendidikan. d. Pelaksanaan supervisi dalam kerjasama sekolah dengan instansi lainnya yaitu dengan mengadakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolahnya seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan lembaga terkait seperti Dinas Pendidikan Nasional. e. Pelaksanaan supervisi dalam proses mengajar guru yang berkaitan dengan kinerja guru yaitu kepala sekolah menggunakan teknik-teknik seperti teknik kunjungan kelas dan melakukan refleksi setelah supervisi dilakukan dengan pendekatan formal dan informal, 3) Tindak lanjut hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, 4) Kinerja guru setelah dilaksanakannya supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah meningkat sebanyak delapan puluh persen.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah telah terlaksana dengan baik sehingga menghasilkan peningkatan kinerja guru di SD gugus 1 Eban.

Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Supervisi, Kinerja Guru


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Kurniati Jemeo - Personal Name
Student ID
1801140042
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 JEM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA