Skripsi
Hubungan Tingkat Pengetahuan Covid-19 terhadap Kecemasan Siswa SMA Negeri 1 Waingapu Kabupaten Sumba Timur
XMLTujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang Covid-19 terhadap kecemasan. Metode : Penelitian ini merupakan Analitikal Observasional dengan rancangan cross sectional pada Siswa SMAN 1 Waingapu. Untuk mendapatkan data primer mengenai pengetahuan Covid-19 dan kecemasan, responden diberikan dua jenis kuesioner berkaitan dengan variable yang diteliti. Teknin pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling terhadap Kelas X dan XI sehingga didapatkan 232 orang yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji koefisien kontingensi. Hasil : Dari 232 responden, sebanyak 195 (84,1%) responden adalah kategori pengetahuan baik, 34 (14,6%) responden adalah tingkat pengetahuan cukup dan 3 (1,3%) responden adalah kategori pengetahuan kurang. Sementara itu, sebanyak 5 (2,2%) responden memiliki kecemasan terhadap Covid-19 dan 227 (97,8%) responden tidak memiliki kecemasan terhadap Covid-19.
Hasil uji analisis bivariat pada penelitian idi diperoleh hasil p=0,916 (p>0,05).
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan Covid-19 terhadap kecemasan Siswa SMA N 1 Waingapu Kabupaten Sumba Timur.
Kata kunci : Pengetahuan, Covid-19, Kecemasan, dan Remaja
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rambu Hana Pandarangga - Personal Name
|
Student ID |
1708010022
|
Dosen Pembimbing |
SIDARTA SAGITA - 198309232012121004 - Dosen Pembimbing 1
MARIA AGNES ETTY DEDY - 198007122009122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Kristian Ratu - 197904282008121002 - Ketua Penguji
Sidarta Sagita - 198309232012121004 - Penguji 1 Maria Agnes Etty Dedy - 198007122009122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
11201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
112.01 PAN H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |