Skripsi
Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
XMLBerpikir geometri merupakan pemikiran yang berkaitan dengan penggambaran objek dalam pikiran serta kemampuan untuk mengamati, mencari, atau memproses sifat-sifat objek dalam geometri dan keterkaitannya. Pemahaman dalam berpikir geometri dapat diukur menggunakan level berpikir geometri yang dikemukakan oleh Van Hiele yang terdiri dari 5 level. Level berpikir geometri menurut teori Van Hiele adalah suatu teori tentang tingkat berpikir siswa dalam mempelajari geometri, dimana siswa tidak dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi tanpa melewati tingkat yang lebih rendah. Level berpikir geometri menurut teori Van Hiele yakni level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (abstraksi), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Level berpikir geometri siswa pada siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele belum mencapai tujuan pembelajaran yang ada. Sebagian siswa cenderung hanya mencapai level analisis dan sedikit sekali yang mencapai level abstraksi. Data hasil penelitian dari berbagai artikel menunjukkan bahwa data yang ada dapat dijadikan sebagai acuan ataupun sumber informasi terkait level berpikir geometri menurut teori Van Hiele pada siswa SMP agar dapat ditindak lanjuti untuk penelitian masa depan agar memperoleh metode yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan level berpikir geometri siswa.
Kata Kunci : Berpikir Geometri, Teori Van Hiele
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Eka Trisnawati Lodo Djara - Personal Name
|
Student ID |
1701030014
|
Dosen Pembimbing |
Patrisius A. Udil, M.Pd-NIP. 19930911 201903 1 020 - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 LOD L
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |