Pengembangan Modul Berbasis Etnokimia Pada Materi Pokok Redoks Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kimia Kelas X SMAN I Nubatukan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Modul Berbasis Etnokimia Pada Materi Pokok Redoks Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kimia Kelas X SMAN I Nubatukan

XML

Penelitian ini didasarkan pada adanya hubungan antar kimia dan budaya yang dipelajari dalam suatu cabang ilmu kimia yakni etnokimia. Selain itu, adanya fakta bahwa sumber belajar kimia yang mengaitkan dengan budaya belum dikembangkan di daerah Lembata khususnya dalam lingkungan sekolah di SMAN I Nubatukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui wujud modul kimia berbasis etnokimia, mengetahui tingkat kevalidan dan respon Peserta didik terhadap modul berbasis etnokimia yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development dengan model yang dikembangkan Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap yakni analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk oleh 5 ahli materi dan 3 ahli media, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian, produksi massal. Penelitian ini dibatasi tidak sampai pada produksi massal. Susunan atau wujud modul dikembangkan dengan karakteristik etnokimia sehingga dihasilkan modul yang berkualitas. Hasil rata-rata keseluruhan tingkat kevalidan berdasarkan ahli materi sebesar 92,36% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil rata-rata keseluruhan tingkat kevalidan berdasarkan ahli media sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan pada 9 Peserta didik SMAN I Nubatukan sebagai kelompok kecil dan uji coba pemakaian dilakukan pada 30 Peserta didik SMAN I Nubatukan sebagai kelompok besar. Hasil Persentase respon/tanggapan Peserta didik pada kelompok kecil sebesar 92.289% dengan kategori sangat baik. Persentase respon/tanggapan Peserta didik pada kelompok sebesar 91.22% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji kualitas modul berbasis etnokimia, maka modul ini dinyatakan layak sebagai sumber belajar kimia.

Kata Kunci: Modul, Pengembangan modul, Etnokimia, Redoks, Sumber belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801060023
Dosen Pembimbing
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heru Christianto - - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 PER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA