Skripsi
Implementasi Algoritma* (A-Star) Dalam Penentuan Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten Kupang Berbasis Android
XMLPariwisata di indonesia telah bertumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu provinsi yang sedang mengembangkan sektor parwisatanya adalah provinsi Nusa Tenggara Timur. NTT memiliki potensi pariwisata yang sedang diminati banyak wisatawan terkhususnya di Kabupaten Kupang. Berdasarkan data Dinas Pariwisata NTT pada tahun 2022, tempat wisata yang terdaftar di Kabupaten Kupang berjumlah 31 di 26 kecamatan. Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kupang sangat beragam tetapi belum dikelola secara intensif oleh pemerintah dan membuat kurangnya informasi untuk wisatawan. Tidak semua tempat-tempat wisata diketahui oleh wisatawan, ditambah dengan jarak dan rute atau jalurnya yang berjauhan membuat wisatawan kesulitan untuk berwisata dengan nyaman karena kurangnya informasi dan promosi tentang objek-objek wisata tersebut dari pemerintah. Dengan banyaknya jalur menuju tempat wisata yang ada maka perlu dibuatkan sistem yang dapat menentukan dan merekomendasikan objek wisata yang tersedia. Kebutuhan masyarakat akan efesiensi jarak ke tempat wisata dapat dipenuhi dengan membangun sistem ini dengan berbasis android dengan menggunakan algoritma A* dengan tujuan untuk menentukan jalur terdekat menuju objek wisata. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemograman Kotlin. Selain itu digunakan juga Google Maps digunakan untuk menampilkan hasil dari perhitungan jarak. Sistem ini diuji dengan menggunakan pengujian black box, akurasi dan google maps. Pengujian akurasi pada penelitian ini mendapatkan hasil bahwa algoritma yang diterapkan sistem memiliki perbedaan hasil yang tidak jauh berbeda dengan hasil dari google maps, lalu berdasarkan pengujian black box aplikasi fungsi utama dapat berjalan dengan baik tanpa ada error sistem dan pada hasil pengujian manual validity menunjukkan hasil perhitungan jarak terdekat yang diberikan sistem dengan hasil jarak perhitungan manual tidak memiliki selisih sehingga dapat disimpulkan baahwa sistem menerapkan algoritma A* dengan baik.
Kata kunci : Android, Algoritma A*, GPS, Google Maps, wisata Kabupaten Kupang.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Merianti Zacharias - Personal Name
|
Student ID |
1606080091
|
Dosen Pembimbing |
SEBASTIANUS ADI SANTOSO MOLA - 198003202008121001 - Dosen Pembimbing 1
TIWUK WIDIASTUTI - 198003052005012002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Sebastianus Adi Santoso Mola - 198003202008121001 - Ketua Penguji
Tiwuk Widiastuti - 198003052005012002 - Penguji 1 Arfan Yeheskiel Mauko - 198005202008121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
55201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komputer
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
552.01 Zac I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |