PERKAWINAN ADAT LAMAHOLOT LIKA TEL’O DI DESA RIANGKEMIE KECAMATAN ILE MANDIRI KABUPATEN FLORES TIMUR (Studi Pelaksanaan Weli Dalam Perkawinan Lika Tel’o)

Detail Cantuman

Skripsi

PERKAWINAN ADAT LAMAHOLOT LIKA TEL’O DI DESA RIANGKEMIE KECAMATAN ILE MANDIRI KABUPATEN FLORES TIMUR (Studi Pelaksanaan Weli Dalam Perkawinan Lika Tel’o)

XML

PERKAWINAN ADAT LAMAHOLOT LIKA TEL’O DI DESA RIANGKEMIE KECAMATAN ILE MANDIRI KABUPATEN FLORES TIMUR (Studi Pelaksanaan Weli dalam Perkawinan Lika Tel’o). Oleh Virgilia Belaon Welan. Dibimbing oleh: Agustinus Hedewata, sebagai Pembimbing I dan Petornius Damat, sebagai pembimbing II.
Perkawinan Lika Tel’o bentuk kearifan lokal menjunjung tinggi penghormatan harkat dan martabat perempuan. Perkawinan Lika Tel’o itu pada prinsipnya antara seorang laki-laki dari pihak opu dan seorang perempuan dari pihak belake. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu pelaksanaan weli dalam sistem perkawinan Lika Tel’o dengan berlokasi di Desa Riangkemie kecamatan Ile Mandiri, Kabupaten Flores Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan aspek yang diteliti pelaksanaan perkawinan Lika Tel’o. Populasi penelitian adalah semua pihak yang telibat langsung dalam proses perkawinan itu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkawinan Lika Tel’o memiliki pola relasi antar suku-suku yang ada di Desa Riangkemie. Pola itu antara pihak Opu (suku yang menerima Perempuan) dan Belake (suku yang memberi perempuan). Pelaksanaan Weli dalam perkawinan Lika Tel’o. Tahapannya perkawinan ini sebagai berikut, taa sura (tahap perkenalan), Tawi rara (Buka Pintu), Tada Kila (Tahap pertunangan) Soro oe (pengantaran belis) Ete wua malu (antaran sirih Pinang). Weli (mahar) dalam wujud gading gajah (bala). Pihak Opu yang tidak memenuhi prinsip Lika Tel’o ini dikenakan denda berupa Bala Menole Rua yaitu bala Mekat (Gading Gajah yang terbesar).
Kata Kunci: Hukum Adat, Perkawinan Adat Lamaholot, Like Tel’o Pelaksanaan Weli


Detail Information

Item Type
Penulis
Virgilia Belaon Welan - Personal Name
Student ID
1702010267
Dosen Pembimbing
Petornius Damat, S.H., LL.M. - 198008062005011003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sukardan Aloysius, S.H.,M.Hum - 195909061986011001 - Ketua Penguji
Petornius Damat, S.H., LL.M. - 198008062005011003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Wel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA