PELAKSANAAN PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM GADING DALAM PERKAWINAN ADAT DI DESA ARAMENGI KECAMATAN OMESURI KABUPATEN LEMBATA

Detail Cantuman

Skripsi

PELAKSANAAN PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM GADING DALAM PERKAWINAN ADAT DI DESA ARAMENGI KECAMATAN OMESURI KABUPATEN LEMBATA

XML

ABSTRAK

Adrianus Sosimus Laba. Pelaksanaan Perjanjian Pinjam Meminjam Gading Dalam Perkawinan Adat Di Desa Aramngi Kecamatan Omesuri Kabupeten Lembata, dibimbing oleh: Agustinus Hedewata dan Helsina Fransiska Pello, Universitas Nusa Cendana, Fakultas Hukum, Peminatan HukumPerdata.
Perjanjian pinjam meminjam Gading di Desa Aramengi, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata adalah suatu perbuatan hukum yang mana gading yang di pinjam oleh seseorang akan digunakan sebagai belis atau mas kawin dalam perkawinan adat. Rumusan masalah pada penelitian ini: (1) bagiamana prosedur pelakasanaan? (2) masalah-masalah apa saja yang terjadi? Dan (3) bagimanakah cara penyelesaian masalah dalam perjanjian pinjam meminjam Gading di Desa Aramenngi, Kecamatan Omesuri, KabupatenLembata? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pejanjian pinjam meminjam Gading di Desa Aramegi merupakan suatu perjanjian yang bersifat lisan, sehingga dalam pelaksanaannya terdapat masalah dimana dalam perjanjian ini para pihak hanya mengandalkan asas kepercayaan sebagai patokan dalam perjanjian pinjam meminjam gading. Penyelesaian masalah wanprestasi secara non litigasi sudah menjadi kebiasaan dalam penyelesaian masalah yang berhubungan dengan sengketa lainya yang terjadi di Desa Aramengi. Dalam pelaksanaan perjanjian pinjam meminjam gading, perlu adanya partisipasi dari Pemerintah Desa dalam hal ini lembaga adat Desa untuk bisa membantu pengawasan terhadap pihak peminjam agar dapat memenuhi kewajibannya mengingat nilai ekonomis Gading yang harganyasemakintinggi.

Kata Kunci : Perjanjian Pinjam Meminjam Gading


Detail Information

Item Type
Penulis
Adrianus Sosimus Laba - Personal Name
Student ID
1702010430
Dosen Pembimbing
AGUSTINUS HEDEWATA - 195908281986031004 - Dosen Pembimbing 1
HELSINA FRANSISKA PELLO - 197912212005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yossie M. Y. Jacob, SH. M. Hum - 19780707 200501 2 001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LAB.P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA