Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Dikelas V Se-Gugus Lituk Kecamatan Atambua Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Dikelas V Se-Gugus Lituk Kecamatan Atambua Selatan

XML

PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR DIKELAS V SE-GUGUS LITUK KECAMATAN ATAMBUA SELATAN

Maria Anjelina Ade Seran
Universitas Nusa Cendana
2022


Penelitian ini dilaksanakan pada siswa dikelas V se-Gugus Lituk Kecamatan Atambua Selatan, sejak bulan Februari 2022. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar dan (2) untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa dikelas V.
Penelitian ini merupakan peneilitian Asosiatif dengan jenis penelitian Kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling. Sampel penelitian sebanyak 60 responden yang terdiri dari siswa kelas V se-Gugus Lituk Kecamatan Atambua Selatan, diantaranya SDK Motabuik, SDK Lafaekfera, SDI Nufuak dan SDI Asuulun. Teknik pengumpulan data mengunakan dokumentasi dan tes soal untuk hasil belajar serta kuesioner untuk self regulated learning dan motivasi belajar. Kuesioner meliputi The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich dan Groot (1990) untuk mengukur self regulated learning dan motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan mengunakan model Analisis Jalur.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari dua aspek indikator self regulated learning terkait cognitive strategy use dan self-regulation. (2) dan Terdapat pengaruh yang signifikan antara self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar, dilihat dari ketiga aspek terkait self efficacy, intrinsic value, dan text anxiety.

Kata kunci: self regulated learning, motivasi belajar. hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Anjelina Ade Seran - Personal Name
Student ID
1701140100
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ser P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA