Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Vs Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Bakunase 2

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Vs Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Bakunase 2

XML

Terdapat 2 rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas IV SD Inpres Bakunase 2?, (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas IV SD Inpres Bakunase 2?, (3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas IV SD Inpres Bakunase 2?. Instrumen pengukuran hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Instrumen divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas test menunjukan nilai alphacrobbach’s sebesar 0,763 sehingga layak untuk digunakan. Penilitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu quasi experiment dengan desain Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 2 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 yaitu kelas IV A yang terdiri dari 16 orang siswa dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen 2 yang terdiri dari 16 orang siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistik paired sampel test.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dan perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran cooperative learning tipe NHT VS TPS terhadap hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen 1 terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model NHT 64,47 lebih tinggi daripada persentasi nilai pada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan hanya mencapai 58,56. Pengujian hipotesis pertama(H1) dengan bantuan SPSS versi 25 dilakukan dengan uji paired sample test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antar variabel X1 terhadap Y. Sedangkan, pada kelas eksperimen 2 terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model TPS 69,88 lebih tinggi daripada persentasi nilai pada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan hanya mencapai 49,19. Pengujian hipotesis kedua(H2) dengan bantuan SPSS versi 25 dilakukan dengan uji paired sample test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antar variabel X2 terhadap Y. Pada pengujian hipotesis ketiga(H3) dengan bantuan SPSS versi 25 dilakukan dengan uji paired sample test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Berdasarkan nilai posttest dan pengujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antar variabel X1 VS X2 terhadap variabel Y. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas IV pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 antara sebelum dan sesudah diterapkan model NHT dan TPS.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative tipe TPS dan NHT, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Ester Clarita Tadji Lena - Personal Name
Student ID
1701140081
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Len P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA