SMARTPHONE DAN MAHASISWA (Studi Etnografi Media Tentang Rutinitas Penggunaan Smartphone Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana)

Detail Cantuman

Skripsi

SMARTPHONE DAN MAHASISWA (Studi Etnografi Media Tentang Rutinitas Penggunaan Smartphone Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana)

XML

Penelitian ini berawal dari ketertarikan terhadap rutinitas penggunaan smartphone dan perilaku komunikasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi media dan objek penelitiannya adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana yang menggunakan smartphone dalam rutinitas sehari – hari. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi terlibat, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan teknik analisis data model Spradley (etnografi) dan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rutinitas penggunaan smartphone pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana sudah menjadi suatu hal wajib yang dilakukan sehari – hari dimana kebanyakan kegiatan yang mereka lakukan lebih banyak menggunakan smartphone dalam pelaksanaannya. Rutinitas penggunaan smartphone pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa cendana adalah aktivitas pagi mahasiswa menggunakan smartphone, aktivitas perkuliahan mahasiswa menggunakan smartphone, mahasiswa melakukan berbagai aktivitas menggunakan smartphone, aktivitas online shop mahasiswa menggunakan smartphone, dan aktivitas mahasiswa menjelang tidur malam. Perilaku komunikasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana yang terjadi perilaku komunikasi mahasiswa dalam aktivitas perkuliahan, perilaku komunikasi mahasiswa dalam media sosial, perilaku komunikasi mahasiswa dalam bermain game.

Kata kunci : Rutinitas, Perilaku Komunikasi, dan Mahasiswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Riswara, Erdi RIzqy - Personal Name
Student ID
1603050110
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Riswara, Erdi RIzqy - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Ris S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA