Skripsi
Strategi Humas dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Kupang)
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Humas kantor Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan untuk mengetahui bagaimana Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan bekerjasama dengan publik eksternal. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah teori Relationship Management. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu 2 humas, 1 Kasubag dan 4 pengguna jasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi Humas yang dilakukan kantor KSOP yaitu pertama menganali sasdaran komunitas, menentukan teknik komunikasi, dan kredibilitas sumber. Kedua membuat akun media sosial untuk mempublikasisakn terkait kualitas pelayanan yang diberikan kantor KSOP kepada pengguna/masyarakat. Dan ketiga memberikan sosialisasi kepada pengguna jasa/masyarakat terkait kualitas pelayanan. Sedangkan kerja sama kantor KSOP dengan publik eksternal untuk meningkatkan kualitas pelayanan yaitu hubungan dengan pengguna jasa, dan hubungan dengan media dan pers
Kata Kunci : Strategi Humas, Relationship Management, Kerja Sama
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rukmini Karim - Personal Name
|
Student ID |
1703050030
|
Dosen Pembimbing |
MONIKA WUTUN - 198301112014042001 - Dosen Pembimbing 1
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Monika Wutun - 198301112014042001 - Ketua Penguji
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Penguji 1 Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Kar S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |