Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Siswa Dalam Kegiatan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Moin Fe’u

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Siswa Dalam Kegiatan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Moin Fe’u

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua dalam kegiatan belajar di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Moin Fe’u, (2) pengaruh disiplin siswa dalam kegiatan belajar di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Moin Fe’u, (3) pengaruh perhatian orang tua dan disipin siswa dalam kegiatan belajar di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post fakto, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah semua siswa SD Negeri Moin Fe’u dengan jumlah 100 siswa. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 20 siswa SD Negeri Moin Fe’u, pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normlitas, uji linearitas dan (2) uji hipotesis penelitian meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan koefisien rx1y sebesar 0,766 berupa nilai positif, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif. Pengaruh yang signifikan diketahui dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,545 > 1,987) hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin siswa terhadap hasil belajar dengan koefisien rx2y sebesar 0,633 berupa nilai positif, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif. Pengaruh yang signifikan diketahui dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,336 > 1,987) hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan.(3) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan disipin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Moin Fe’u yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,776 berupa nilai positif, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif. Pengaruh yang signifikan diketahui dari nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (2,279 > 3,11) hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,590, hal ini menandakan bahwa 59% perubahan pada variabel hasil belajar dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan disiplin belajar sedangkan 41% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Disiplin Siswa, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Magdalena Pay - Personal Name
Student ID
1701140177
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pay P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA