Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Tema 5 Sub Tema 3 Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang tema 5 sub tema 3 di kelas V SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan revleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah para siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes, data yang telah dikumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitain ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa tentang keseimbangan ekosistem menggunakan pendekatan saintifik, dimana siklus I ketuntasan yang diperoleh hanya 42,86% atau 6 siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan 57,14% atau 8 siswa yang belum mencapai KKM. Namun pada siklus II mengalami peningkatan yang pesat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 87,14. Hal ini berarti bahwa ketuntasan belajar dalam kelas tersebut telah mencapai target yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitain dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tentang keseimbangan ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tulun Kabupaten Kupang.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keseimbangan Ekosistem, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Angela Mariska Christiano - Personal Name
|
Student ID |
1701140064
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Chr P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |