Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas III SDK Kristus Raja Baun

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas III SDK Kristus Raja Baun

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas III SDK Kristus Raja Baun, (2) pengaruh pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar siswa tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas III SDK Kristus Raja Baun, (3) pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar siswa tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas III SDK Kristus Raja Baun.
Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pretest-posttest control group design. pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menjawab hipotesis penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab hipotesis penelitian ketiga
Hasil penelitian pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikansi model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 29.825, Jadi harga thitung > ttabel. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan harga thitung sebesar 8.466, Jadi harga thitung >ttabel. (3) Tidak Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar siswa tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas III SDK Kristus Raja Baun. Diperoleh Fhitung sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan Ftabel sebesar 3,74 pada taraf signifikansi 5%, maka (Fhitung < Ftabel).

Kata Kunci :Model Problem Based Learning, Tematik Terpadu, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Femi Yodita Benu - Personal Name
Student ID
1701140053
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ben P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA