Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Sekip Soe

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Sekip Soe

XML

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah SD Inpres Sekip Soe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto, adapun dengan Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sd Inpres Sekip Soe yang berjumlah 76 orang, yang dibagi menjadi tiga kelas dengan siswa kelas IVa berjumlah 25 orang, IVb berjumlah 27 orang dan kelas IVc berjumlah 24. Teknik pengumpulan data adalah dengan mengunakan teknik angket dan pedoman observasi. Dan terakhir data yang diperoleh dilakukan teknik analisis data dengan melakukan analisis deskriptif, lalu dilakukan uji prasyarat analisis, kemudian dilakukan analisis regresi linear sederhana.
Penelitian ini diadakan pada SD Inpres Sekip Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demiokratis masih diterapkan oleh orang tua. Pola asuh yang sering diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh demokratis dengan presentasi yakni sebanyak 61 % dibandingkan dengan pola asuh permisif sebesar 21% dan pola asuh otoriter 18%. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan serta konsisten dari angket tersebut setelah itu dilakukan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, hasil yang didapatkan adalah sebesar 0,200 dimana nilai signifikannya lebih besar dari 0,05, lalu kemudian dilakukan uji hipotesis dengan mengunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan mendapatkan hasil nilai yaitu sebesar 0,012, yang berarti bahwa terdapat pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua dengan memberikan dukungan, perhatian dan arahan terhadap anak terdapat pengaruh dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Sekip Soe

Kata Kunci : Pola Asuh, Orang tua, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
SAFITRI RAMADANI - Personal Name
Student ID
1701140044
Dosen Pembimbing
MAXEL - - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
MAXEL - - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ram P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA