Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas I SD Inpres Maulafa

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas I SD Inpres Maulafa

XML

penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada siswa kelas 1 di SD Inpres Maulafa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 18 orang dan yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes, kemudian data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan data pra-siklus yang diperoleh peneliti, terdapat 8 orang siswa (44,4%) tuntas dan sebanyak 10 orang siswa (55,6%) tidak tuntas, sehingga peneliti perlu melakukan pemberian tindakan dan memperoleh hasil pada siklus I sebanyak 12 orang siswa (66,7%) tuntas karena dapat berkonsentrasi dan turut aktif dalam pembelajaran, sedangkan terdapat 6 siswa (33,3%) yang belum tuntas karena guru belum menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami, siswa juga belum turut aktif dalam pembelajaran dan kurangnya konsentrasi. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebanyak 16 orang siswa (88,9%) tuntas yang artinya guru mulai dapat mengatasi kekurangan yang terjadi pada siklus I. Akan tetapi masih terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas pada siklus II sehingga guru perlu mencari cara untuk dapat mengatasi kekurangan pada siswa terebut dengan perlu adanya kerja sama dengan orang tua murid serta pendekatan lebih terhadap murid tersebut. Peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 22,2%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring puisi.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, media video animasi, kemampuan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801140060
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 FER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA