Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Tentang Interaksi Manusia dan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V di UPTD SDI Moepali Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Tentang Interaksi Manusia dan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V di UPTD SDI Moepali Kabupaten Alor

XML

Skripsi ini oleh Elsa Julia Maleikari, NIM: 1701140070,Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2022, dengan judul “Penerapan Metode Mind Mapping dalam pembelajaran tentang interaksi manusia dan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di UPTD SDI Moepali Kabupaten Alor”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V UPTD SDI Moepali?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yakni : perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan rubrik penilaian produk. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini diadakan di UPTD SDI Moepali Kabupaten Alor. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 22 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 16 orang siswa (73%). Siswa dikatakan tuntas karena ketika pembelajaran berlangsung siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik,berpartisipasi dalam tugas kelompok,menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan tidak mengganggu teman. Sedangkan yang tidak tuntas 6 orang siswa (27%) karena tidak fokus pada saat pembelajaran berlangsung,suka mengganggu teman,tidak berbartisipasi dalam tugas kelompok dan tidak menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Selanjutnya siklus II dari 22 orang siswa yang tuntas 20 (91%). Siswa dikatakan tuntas karena guru dapat membimbing kekurangan-kekurangan siswa saat pembelajaran,siswa lebih aktif dalam mengerjakan tugas kelompok dan mengerjakan tes dengan baik. Sedangkan 2 (9%) orang siswa tidak tuntas karena tidak memahami dengan baik soal tes yang dikerjakan dan tidak berpartisipasi dalam tugas kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS tentang interaksi manusia dan lingkungan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran bersiklus ada perubahan yang terjadi dalam pembelajaran di SD kelas V UPTD SDI Moepali.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Mind Mapping, Interaksi manusia dan lingkungan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
ELSA JULIA MALEIKARI - Personal Name
Student ID
1701140070
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA