Analisis Mutu Layanan Kesehatan Mulut Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Dan Nakes Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Wilayah Kota Kupang

Detail Cantuman

Tesis

Analisis Mutu Layanan Kesehatan Mulut Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Dan Nakes Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Wilayah Kota Kupang

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat mutu layanan kesehatan mulut dan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien dan tenaga kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di Puskesmas wilayah Kota Kupang (Puskesmas Kupang Kota, Puskesmas Pasir Panjang, Puskesmas Oesapa dan Puskesmas Bakunase). Dilakukan analisis dalam enam dimensi yaitu patient safety, effectiveness, patient centered, time lines, efficiency, dan equity. Metode : Penelitian ini merupakan studi analitik menggunakan desain Cross Sectional dimana pengamatan dilakukan pada saat bersamaan pada data variabel independen dan dependen sekali waktu dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang terdiri dari 50 orang pasien dan 50 orang tenaga kesehatan. Hasil penelitian analisis multivariate variable mutu pelayanan kesehatan mulut yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada masa pandemi COVID-19 di Puskesmas wilayah Kota Kupang yaitu dimensi patient safety, effectiveness dan equity.
Hasil: Pada penelitian ini uji statistic variabel mutu pelayanan kesehatan dimensi patient safety menunjukkan p-value 0,039 (p<0,05) dengan nilai prevalence rasio sebesar 1,552; variabel mutu pelayanan kesehatan dimensi effectiveness menunjukkan p-value 0,024 (p<0,05) dengan nilai prevalence ratio sebesar 1,959 dan variabel mutu pelayanan kesehatan dimensi equity menunjukkan p-value 0,002 (p<0,05) dengan nilai prevalence rasio 2,639. Kesimpulan: mutu pelayanan kesehatan mulut berpengaruh pada kepuasan pasien dan tenaga kesehatan, namun dari enam dimensi mutu pelayanan kesehatan, equity merupakan variabel paling dominan dengan besar pengaruh 2,64 kali terhadap kepuasan pasien pada masa pandemi COVID-19 di puskesmas wilayah Kota Kupang.
Kata Kunci: mutu layanan kesehatan, kepuasan pasien, kepuasan nakes dan pandemic COVID-19


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Friska Delianti Simamora - Personal Name
Student ID
19110800026
Dosen Pembimbing
Penguji
Jacob M. Ratu - - Ketua Penguji
Anderias Umbu Roga - 196504071994031004 - Penguji 1
Dr. Hotlif Arkilaus Nope, S.Sos,MA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
131.01 Mor A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA